Ketiga PUD Milik Pemko Medan Harus Bisa Memberikan Kontribusi Besar Untuk PAD

Anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra
Anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra meminta Dirut di 3 PUD milik Pemko Medan melakukan terobosan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dengan begitu ketiga PUD tersebut yakni, pasar, rumah potong hewan dan pembangunan bisa memberikan kontribusi PAD ke Pemko Medan dengan jumlah yang lebih besar.

“Ketiga perusahaan itu selama ini dinilai kurang sehat dan tidak mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan,” kata Mulia Syahputra kepada wartawan, Minggu (5/3/2023).

Politisi Gerindra itu juga mengungkapkan, seharusnya ketiga pejabat di perusahaan daerah itu sudah melakukan gebrakan sejak ditunjuk menjadi leader. Hal ini seiring dengan giat pembangunan yang significan dilakukan Walikota Medan, Bobby Afif Nasution.

“Kita harapkan jangan sampai ada laporan merugi lagi atau stagnan. Bila masih terjadi laporan kurang sehat, maka keneradaan PUD patut dipertimbangkan,” tegasnya.

Terkhusus bagi PUD Pasar, Mulia meminta perusahaan tersebut tidak hanya sekadar mengejar target PAD. Tetapi perlu peningkatan dan penataan bagi para pedagang dan para pelaku UMKM. “Tidak boleh mengesampingkan kepentingan pedagang. Pedagang sebagai ujung tombak penggerak ekonomi kerakyatan harus diberdayakan,” tambahnya.

Pihaknya juga telah mengyampaikan dalam rapat komisi dengan PUD Pasar yang lalu Dirut PUD Pasar Suwarno tetap mengantisipasi jangan sampai terjadi inflasi harga bahan sembako di pasar. Untuk itu, Direksi diharapkan tetap berinovasi untuk menghindari terjadi kenaikan harga.(reza)