Sabet Oscar, Ini Pesan Menyentuh Joaquin ‘Joker’ Phoenix

Joaquin Phoenix berposes usai meraih Piala Oscar 2020 sebagai Aktor Pria Terbaik.(asianews)
Joaquin Phoenix berposes usai meraih Piala Oscar 2020 sebagai Aktor Pria Terbaik.(asianews)

MEDAN, kaldera.id – Seperti sudah diprediksi banyak kalangan, Joaquin Phoenix, pemeran watak di Film Joker, memenangkan gelar aktor terbaik ajang Academy Awards ke 92. Usai menggenggam Piala Oscar atas penampilannya sebagai musuh bebuyutan Batman, Phoenix pun menyampaikan pesan menyentuhnya di atas podium.

Dilansir theguardian.com, Senin (10/2/2020), dalam pidato penerimaan yang panjang, Phoenix mengajukan permohonan agar umat manusia untuk tidak berkelahi satu sama lain dan untuk berhenti menjarah sumber daya alam kita. Dia pun menempatkan penekanan khusus pada kekejaman yang terlibat dalam industri peternakan sapi perah.

Dia menutup pidatonya dengan mengutip lirik yang ditulis, berusia 17, oleh almarhum kakaknya, River: “Run to the rescue with love and peace will follow” (Lari ke penyelamatan dengan cinta dan kedamaian akan menyusul).

Phoenix sebelumnya, telah menyapu bersih penghargaan besar untuk peran Joker tersebut, memenangkan aktor terbaik di Baftas, penghargaan Critics ‘Choice dan Screen Actors Guild, dan aktor terbaik dalam drama di Golden Globes. Dia sebelumnya menerima dua nominasi aktor terbaik di Oscar untuk Walk the Line pada 2006 dan The Master pada 2013, tetapi ini adalah kemenangan pertama Phoenix diajang Oscars.

Phoenix adalah favorit juara yang luar biasa. Joker, disutradarai oleh Todd Phillips, yang dimana menceritakan kisah asli untuk supervillain terkenal, yang sebelumnya diperankan di layar oleh Jack Nicholson dan Heath Ledger. Joker versi Phoenix adalah sosok yang bercita-cita sebagai komedian tapi memiliki gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan itu, menyebabkan dia tertawa terbahak-bahak pada saat-saat yang tidak pantas yang membuatnya bermasalah dengan orang di sekitarnya dan mulai merundungnya. Faktor kehidupan di masa lalu juga memengaruhinya dan Joker tumbuh menjadi sosok yang menakutkan.(alfan/pkl/frz)