Bahar Siagian dan Alwi Mujahit Comeback

0
202
Alwi Mujahit (kanan belakang) saat mendampingi Gubsu sebagai Kadis Kesehatan 5 Januari 2021. Pada Mei 2021, ia digeser ke Dinas Perempuan/KB. Pada 5 Januari 2022, Alwi kembali ke jabatan lamanya itu.
Alwi Mujahit (kanan belakang) saat mendampingi Gubsu sebagai Kadis Kesehatan 5 Januari 2021. Pada Mei 2021, ia digeser ke Dinas Perempuan/KB. Pada 5 Januari 2022, Alwi kembali ke jabatan lamanya itu.

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melakukan pelantikan pejabat eselon II dan eselon III di jajaran Pemprovsu, Kamis (5/1/2023). Baharuddin Siagian dan Alwi Mujahit kembali (comeback) ke jabatan lama masing-masing. Bahar Siagian kembali menjadi Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan. Sementara Alwi Mujahit kembali jadi Kepala Dinas Kesehatan.

Sejumlah pejabat eselon II mengalami rotasi. Kepala Dinas Tenaga Kerja digeser dari Baharuddin Siagian kepada Abdul Haris Siregar, yang sebelumnya Kepala BPBD Sumut. Sementara jabatan Haris yang lama diberikan kepada Tuahta Ramajaya Saragih, yang sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu.

Alwi Mujahit kembali ke jabatan lamanya sebagai Kadis Kesehatan yang selama ini dijabat seorang pelaksana tugas. Baharuddin Siagian juga demikian, ia kembali ke jabatan lamanya sebelum menjabat Kadis Tenaga Kerja, yakni Kadis Kepemudaan dan Olahraga.

Kemudian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Mulyadi Simatupang diangkat menjadi Kepala Dinas Perindag dan ESDM. Jabatan lama Mulyadi diserahkan kepada Aspan Sopian Batubara. Mereka bertukar tempat sepertinya. Selanjutnya ada nama Ilyas S Sitorus sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Dedi Jaminsyah Putra Harahap sebagai Kepala Biro Umum dan Muhammad Ramadhani Lubis sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat. Ketiga nama ini adalah hasil dari proses lelang jabatan beberapa waktu lalu.

Sejumlah Dinas Berubah Nama

Selain Dinas Perindag dan ESDM, terdapat sejumlah dinas yang mengalami perubahan nama. Di antaranya adalah Dinas Pemuda dan Olahraga menjadi Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dinas Perkebunan menjadi Dinas Perkebunan dan Perternakan. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menjadi Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah.(efri s/red)