Formad Dilantik, Sultan Dijunjung Rakyat Dipayung

0
125
Sultan Deli (baju krem) berfoto bersama pengurus DPP Formad usai pelantikan di Amaliun Foodcourt.
Sultan Deli (baju krem) berfoto bersama pengurus DPP Formad usai pelantikan di Amaliun Foodcourt.

MEDAN, kaldera.id – DPP Forum Masyarakat Adat Deli (Formad) resmi dilantik Sultan Deli XIV Sripeduka Tuanku Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam, di Amaliun Foodcourt, Sabtu (7/3/2020). “Sultan Dijunjung, Rakyat Dipayung” menjadi tema yang diusung.

Pada pelantikan itu, semua hadirin diwajibkan untuk memakai pakaian adat melayu yang menjadi ciri khas Melayu atau Kesultanan Deli. Pelantikan kali ini mengundang Gubsu yang diwakili HM Fitriyus. Tampak hadir Ketua DPRD Medan Hasyim, dan sejumlah pemangku kesultanan lainnya.

Ketua Umum Formad Tengku Muhammad Fauzi menyampaikan bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk melestarikan ada budaya. “Kami berharap berbagai pihak bisa mendukung kami mempertahankan adat budaya agar tak terkikis jaman,” katanya.

Dia pun berharap para pengurus Formad tidak hanya sekedar hadir dan meramaikan pelantikan. “Kita punya tanggung jawab besar. Kita bisa berbuat lebih. Mari sama sama kita bangun lagi adat budaya Deli,” ucapnya.

Sultan Deli XIV dalam sambutannya, memberikan harapan besar kepada Formad usai pelantikan ini. “Berharap besar agar dapat menjaga kebhinekaan. Tidak hanya Melayu Deli saja, tetapi juga sinergi dengan Mandaliling, Minang, Karo, Nias, Pakpak, Simalungun, Toba dan lainnya,” ujarnya.

Sultan Deli juga berharap Formad dapat melestarikan adat budaya yang ada. “Semoga perjalanan kita semua senantiasa diridhoi Allah SWT dan mendapat keberkahan,” ucapnya.

Acara Pelantikan DPP Formad juga diisi dengan tausiah KH Tengku Zulkarnaen.
Hadir juga anggota DPR RI Komisi XI Hidayatullah. (silvia marissa)