Gugus Tugas Kota Medan Semprot Disinfektan Massal

Gugus Tugas Kota Medan Semprot Disinfektan Massal (Foto: Pusdalops-PB BPBD Kota Medan)
Gugus Tugas Kota Medan Semprot Disinfektan Massal (Foto: Pusdalops-PB BPBD Kota Medan)

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan bersama personil gabungan selaku Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terus melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya pencegahan penularan corona virus disease (COVID-19), Sabtu (28/3/2020).

Kali ini titik penyemprotan antara lain, RSU Pirngadi, Perumahan Citra Wisata Johor, Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan, dan Universitas Negeri Medan.

Pihak kepolisian juga melakukan penyemprotan menggunakan mobil water canon di jalan-jalan protokol Kota Medan dan memberikan himbauan dan pembubaran kepada masyarakat yang tetap mengadakan perkumupulan dilakukan.

Kegiatan hari ini diawali dengan apel gabungan di Lapangan Merdeka Medan dalam rangka pelepasan petugas penyemprotan disinfektan massal yang dipimpin langsung Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin.

“Kegiatan ini dibantu pihak TNI dan Polri dan dibagi menjadi 4 tim, diantaranya Kodim 0201/BS, Babinsa, jajaran Poldasu, Yon Armed Medan, Arhanud Medan, Kavaleri Medan, BPBD Kota Medan, Dishub Kota Medan dan Satpol PP Kota Medan. Total personil yang ikut dalam pergerakan penyemprotan massal hari ini sebanyak 500 personil,” ungkap Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin dalam kata sambutannya mengintruksikan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan perkumpulan di suatu tempat. Sebab, jika tetap ada masyarakat yang melanggar himbauan tersebut, maka pihak polisi akan segera melakukan pembubaran paksa dengan menyemprotkan gas air mata.

Langkah ini merupakan upaya dan perhatian dalam pencegahan menyebarluasnya COVID-19 di Kota Medan. (reza sahab)