Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution sedang berbincang dengan perwalian PT PLN Persero di Ruang Walikota, Senin (15/6/2020)
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution sedang berbincang dengan perwalian PT PLN Persero di Ruang Walikota, Senin (15/6/2020)

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution meminta PT PLN Persero melakukan kebijakan layanan membantu meringankan beban masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Akhyar mengungkapkan, saat ini masyarakat sedang sulit. Tidak terkecuali siapapun dia. Semua sektor terdampak akibat Covid-19.

“Melonjaknya tagihan listrik ini tentu sangat memberatkan bagi masyarakat,” kata Akhyar ketika menerima audiensi jajaran managerial PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara di Balai Kota Medan, Senin (15/6/2020).

Semua sektor dan lini kehidupan tengah mengalami krisis yang berimbas pada pendapatan masyarakat. Bahkan, ada yang harus mengalami pemecatan dari tempat kerjanya. Tentu hal ini berpengaruh pada kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, termasuk membayar tagihan listrik.

“Kami berharap PLN memiliki skema yang bisa membantu meringankan beban masyarakat saat ini. Saya merasakan langsung denyut kesulitan dan kesusahan yang saat ini dialami masyarakat. Besar harapan kami kiranya ada kebijakan yang membantu masyarakat saat ini,” harapnya.

Sementara itu, Gading Aji selaku Manager Layanan Prioritas PLN UIW Sumut menjelaskan bahwa terjadinya kenaikan tagihan listrik terjadi karena dua hal yakni pemakaian dan tarif. Dijelaskannya, sejak tahun 2017, tidak ada kenaikan tarif yang dilakukan oleh PLN. Namun, lonjakan terjadi karena pemakaian listrik oleh masyarakat.

Lonjakan tagihan terjadi menyusul adanya kebijakan pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk melakukan aktifitas di rumah baik itu bekerja dan belajar.

Tentu, ini berpengaruh pada jumlah pemakaian dari biasanya. Termasuk saat Mei ketika Ramadhan lalu.

“Saat dini hari masyarakat sudah melakukan aktifitas seperti memasak di jam tiga subuh. Itu menjadi penyebab tingginya pemakaian,” terang Gading.

“Kami juga menyampaikan, apabila ada masyarakat yang mengalami lonjakan tagihan, silahkan datang dan laporkan ke kantor PLN terdekat. Nanti, pihak kami akan melakukan pengecekan,” ungkapnya.(reza sahab)