Kolaborasi Komunitas Sepeda Lipat Sumut, Gowes Bareng Istana Maimun-The Le Hu Garden

Kolaborasi Komunitas Sepeda Lipat Sumut
Kolaborasi Komunitas Sepeda Lipat Sumut

MEDAN, kaldera.id – Gabungan komunitas sepeda lipat di Sumatera Utara (Sumut) menggelar Gowes Bareng (Gobar) dari Istana Maimun menuju The Le Hu Garden, Delitua, Minggu (13/9/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas Ecosmo Medan ini diikuti oleh beberapa komunitas sepeda lainnya, yaitu Binjai Folding Bike, Medan Seli Group, Troy Owner Medan, dan Checkpoint Cycling Crew.

Gowes bareng yang diikuti 105 peserta ini dimulai pada pukul 07.00 WIB. Peserta awalnya berkumpul di Istana Maimun kemudian gowes sepanjang 13 kilometer menuju The Le Hu Garden.

Mayoritas peserta gowes ini berasal dari Kota Medan. Namun sebagian peserta ada yang berasal dari Kota Binjai. Sebagian dari mereka ada yang datang langsung menaiki sepeda dari Kota Binjai, ada juga yang naik kereta api hingga ke Lapangan Merdeka Medan, kemudian gowes menuju Istana Maimun.

Meski mayoritas diikuti oleh jenis sepeda lipat, gowes bareng ini juga diikuti jenis sepeda gunung. Selain untuk berolahraga, kegiatan ini juga diselenggarakan sebagai wadah silaturahmi antar komunitas sepeda di Sumut.

“Tujuan kegiatan ini selain untuk kesehatan juga untuk bersilaturahmi antar komunitas sepeda di Sumatera Utara. Karena memang tujuannya untuk gowes santai-santai dan kolaborasi, karena memang satu tujuan untuk sehat,” kata Ketua Panitia Gowes, Irwansyah Sitorus.

Ia menyebut, uang registrasi yang dibayar oleh peserta gowes murni untuk uang masuk dan sarapan para peserta di The Le Hu Garden sebagai titik akhir gowes.

“Kegiatan ini murni tidak mengambil keuntungan apapun, semua uang registrasi murni untuk peserta mulai dari uang masuk dan sarapan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Ecosmo Medan, Rolly Sinaga menyebut, Ecosmo Medan awalnya hanya berkolaborasi dengan Binjai Folding Bike. Namun seiring berjalannya waktu, komunitas sepeda yang berkolaborasi semakin banyak.

“Awalnya kita kolaborasi dengan Binjai Folding Bike, kita datang kesana. Kemudian gantian mereka yang minta ke Medan, untuk itu kita selenggarakan kegiatan ini. Tapi ada kawan-kawan dari komunitas sepeda lain yang mau ikut gabung, kita dengan senang hati menerima biar gowes nya makin ramai,” jelasnya. (finta rahyuni)