Liga Eropa: MU Menang Besar, Arsenal Imbang

Manchester United berhasil memetik kemenangan telak saat berstatus sebagai tim tamu
Manchester United berhasil memetik kemenangan telak saat berstatus sebagai tim tamu

MEDAN, kaldera.id –  Manchester United berhasil memetik kemenangan telak saat berstatus sebagai tim tamu pada leg pertama 32 besar Liga Europa musim 2020-2021 kontra Real Sociedad.

Laga Real Sociedad vs Man United yang digelar di Juventus Stadium, Turin, Italia, pada Jumat (19/2/2021) dini hari WIB itu berakhir dengan skor 4-0.

Gol-gol kemenangan Man United dicetak oleh Bruno Fernandes 27′, 58′, Marcus Rashford 64′, dan Daniel James 90′.

Jalannya pertandingan, Real Sociedad yang berstatus sebagai tim tuan rumah langsung tampil mengancam. Mereka sudah menciptakan dua peluang saat laga baru berjalan tiga menit. Uniknya, kedua peluang itu lahir dari aksi mantan pemain Man United, Adnan Januzaj.

Pada peluang pertama, Adnan Januzaj yang bergerak di sisi kanan penyerangan Real Sociedad melancarkan sepakan dan nyaris membuat timnya unggul.

Namun, sepakan pemain asal Belgia itu melebar tipis di samping gawang Man United yang pada laga ini dikawal oleh Dean Henderson.

Selanjutnya, dalam proses terciptanya peluang kedua, Adnan Januzaj mengirim umpan terobosan kepada Alexander Isak.

Peluang tersebut gagal dimanfaatkan Alexander Isak sehingga belum mampu mengubah kedudukan.

Man United yang sempat tertekan, kemudian mulai memberi perlawanan. Peluang emas skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer lahir pada menit ke 16′.

Scott McTominay melakukan manuver hingga masuk ke kotak penalti Real Sociedad. Ia melancarkan sepakan mendatar yang masih mampu ditepis kiper Real Sociedad, Alex Remiro.

Berselang dua menit kemudian, Man United kembali mendapat peluang emas melalui kerjasama Bruno Fernandes dan Marcus Rashford.

Akan tetapi, penampilan gemilang Alex Remiro sekali lagi mampu mementahkan peluang Man United.

Setelah membombardir gawang Real Sociedad, Man United akhirnya suskes membuka keunggulan pada menit ke 27′ berkat kejelian Bruno Fernandes.

Gelandang asal Portugal itu memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Real Sociedad dalam mengantisipasi bola di kotak penalti, skor 0-1 untuk Man United bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Real Sociedad yang tertinggal tampil lebih agresif. Mereka mendominasi penguasaan bola hingga 78 persen pada 10 menit pertama babak kedua.

Akan tetapi, saat asyik menyerang, mereka justru kembali kebobolan. Gol kedua Man United kembali lahir dari aksi Bruno Fernandes pada menit ke 58′.

Gol kedua dari Bruno Fernandes sempat dianggap offside, namun menjadi sah setelah wasit meninjau Video Assistant Referee (VAR), skor 0-2.

Belum puas dengan keunggulan dua gol, Man United kembali membobol gawang Real Sociedad pada menit ke 64′. Kali ini, gol terlahir dari aksi Marcus Rashford yang memanfaatkan umpan terobosan Fred, 0-3.

Saat laga memasuki menit ke 90′, Man United mencetak gol keempat melalui aksi individu Daniel James yang bergerak di sisi kiri pertahanan Real Sociedad.

Gol Daniel James menjadi gol terakhir yang tercipta pada laga ini. Man United mampu mempertahankan keunggulannya 0-4 hinga peluit panjang babak kedua dibunyikan.

Dengan kemenangan ini, menjadi modal berharga bagi Man United untuk menatap leg kedua.

Adapun leg kedua 32 besar Liga Europa antara Man United dan Real Sociedad dijadwalkan berlangsung di Stadion Old Trafford pada Jumat (26/2/2021).

Sementara itu, wakil Inggris lainnya yakni Arsenal membawa pulang satu gol tandang dari markas Benfica pada duel leg pertama 32 besar Liga Europa 2020/21, Jumat (19/2/2021). The Gunners dipaksa bermain imbang 1-1.

Pasukan Mikel Arteta bahkan sempat tertinggal lebih dulu di awal babak kedua lewat gol penalti Pizzi di menit ke 55′. Beruntung, Bukayo Saka tampil sebagai pahlawan Arsenal lewat golnya di menit 57′ ke gawang Benfica. (kompas/mustivan)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!