Kejatisu Selamatkan Retribusi IMB Rp9 Miliar Lebih

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengapresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kejatisu yang telah membantu menyelamatkan keuangan Pemko Medan terkait retribusi bangunan Apartemen Reiz Condo.
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengapresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kejatisu yang telah membantu menyelamatkan keuangan Pemko Medan terkait retribusi bangunan Apartemen Reiz Condo.

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengapresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kejatisu yang telah membantu menyelamatkan keuangan Pemko Medan terkait retribusi bangunan Apartemen Reiz Condo.

Ucapan terimakasih disampaikan langsung Bobby kepada Kajatisu, Ida Bagus Nyoman Wiswantanu beserta seluruh jajaranya di Aula Sasana Cipta Kherta, Kantor Kejatisu, Jalan Jendral Besar A.H Nasution, Rabu (17/3/2021).

“Ini bentuk kolaborasi antara Pemko Medan dengan Kejatisu. Saya ucapkan terimakasih kepada Kejatisu yang telah membantu Pemko Medan menyelamatkan keuangan daerah,” ungkapnya.

Reiz Condo telah melakukan penyimpangan terhadap Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sebelumnya berupa hunian. Namun, dalam prakteknya malah disewakan seperti hotel. Tentunya hal tersebut menyebabkan kerugian bagi Pemko Medan.

“Retribusinya berbeda kalau hunian 0.4%. Sedangkan hotel 4%. Reiz Condo hanya membayarkan 0.4%, bukan yang 4%. Akibatnya Pemko Medan mengalami kerugian sekitar Rp9 miliar lebih,” jelasnya.

Tidak hanya terhadap bangunan Reiz Condo saja, kedepanya Wali Kota akan tetap menggandeng Kejatisu untuk menertibkan bangunan-bangunan yang menyalahi izin di Medan.

“Kedepannya saya berharap dapat terus berkolaborasi dengan Kejatisu. Ada beberapa kawasan yang harus ditertibkan. Apalagi Pemko Medan sedang bekerja keras untuk meningkatkan PAD Kota Medan,” tambahnya.

Sementara itu, Kajatisu, Ida Bagus Nyoman Wiswantanu mengaku siap untuk terus berkolaborasi dengan Pemko Medan dalam menyelamatkan kerugian keuangan negara melalui perangkat yang ada. Pihaknya siap memberikan kepastian hukum di wilayah Sumatera Utara.

“Kami dengan senang hati ingin terus berkolaborasi dan bersinergi untuk kemajuan bangsa kita. Kedepanya kami akan mendorong rekan-rekan yang ada di daerah untuk memanfaatkan perangkat yang kami punya,” jelasnya.(reza)