Jenazah Adik Gubsu Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Disebelah Ayahnya

Jenazah Kombes Zulfikar Tarius, adik Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (26/4/2021).
Jenazah Kombes Zulfikar Tarius, adik Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (26/4/2021).

MEDAN, kaldera.id- Jenazah Kombes Zulfikar Tarius, adik Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (26/4/2021).

Almarhum yang akrab disapa Itar ini dimakamkan tepat disebelah makam ayahnya.

Sebelumnya jenazah Kombes Zulfikar diterbangkan dari Surabaya dan dibawa ke rumah duka di rumah dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan. Edy juga ikut serta menjemput jenazah adiknya ke Surabaya.

Seluruh proses Fardu kifayah jenazah dilakukan di rumah dinas gubernur, mulai dari pemandian, pengkafanan, hingga sholat jenazah. Rumah duka juga terlihat dijaga ketat oleh pihak kepolisian sepanjang area rumah dinas.

Tampak sejumlah pejabat, Unsur Forkompinda dan OPD menyambangi rumah duka, seperti Wakil Gubernur, Kapolda, Wakapolda, Kajati, Pangdam I/BB, Ketua DPRD Sumut, Ketua MUI Sumut dan sejumlah pejabat lainnya.

Usai di salatkan, jenazah kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan persemayaman dengan tata cara kepolisian. Setelah itu, jenazah lalu dibawa untuk dimakamkan.

Ibunda Edy Rahmayadi tampak tegar dengan kepergian anaknya. Meski begitu, ia yang duduk diatas kursi roda itu beberapa kali melihat makam sang anak yang sudah ditutupi oleh tanah.

Edy Rahmayadi saat menyampaikan takziah mewakili pihak keluarga meminta maaf jika ada kesalahan yang dilakukan oleh adiknya.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apabila adik saya Zulfikar Tarius ada hutang atau ada kesalahan- kesalahan, sampaikan kepada kami atau kepada saya. Insyaallah kapan saja akan kita selesaikan. Sehingga tidak menjadi tanggungjawab almarhum kepada Tuhannya,” ujar Edy.

Sebelumnya, Kombes Zulfikar Tarius meninggal dunia, Minggu (25/4/2021) sekitar pukul 16.45 WIB, di Surabaya karena sakit.

Zulfikar Tarius merupakan perwira polisi lulusan Akpol 1993. Semasa hidup, almarhum pernah menduduki jabatan strategis di Polri. Terakhir kali almarhum diberi amanah menjabat sebagai auditor Kepolisian Madya TK II Itwasum Polri.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut. (finta rahyuni)