Gubsu Ucapkan Selamat, Rangkaian Dies Natalis FK USU Sukses

Seorang warga menjalani pemeriksaan Jantung dan EKG Gratis yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke 69 FK USU, Minggu (19/9/2021)
Seorang warga menjalani pemeriksaan Jantung dan EKG Gratis yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke 69 FK USU, Minggu (19/9/2021)

MEDAN, kaldera.id – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengucapkan selamat atas Ulang Tahun (Dies Natalis) Ke-69 Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Rangkaian kegiatan Dies Natalis pun berjalan sukses.

“FK USU merupakan universitas tertua di Sumatera, pendidikan menjadi salah satu prioritas untuk dibenahi dalam membangun Sumatera Utara dan Indonesia. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” kata Edy Rahmayadi, secara virtual, Minggu (19/9/2021).

Dia mengatakan, sejarah sudah membuktikan bahwa USU memiliki peran besar dalam membangun masyarakat Sumatera Utara. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) gelar Dies Natalis Ke-69, mengambil Thema; ‘Bersama FK USU Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’, acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Panitia, Prof Dr dr Arlinda Sari Wahyuni MKes Sp.KKLP, mengatakan, bahwa kegiatan dies natalis tahun ini diawali dengan sejumlah webinar, yakni pada tanggal 28 Agustus 2021 kemarin, seputar Covid-19 Update.
Lalu, pada 4 September 2021 seputar Covid-19: Tracing and Management of Covid-19. Lalu, 11 September 2021 seputar Covid-19: Rationalitation of Covid-19 Management, dan 18 September 2021 seputar Covid-19: Vaccine and Immunity, ujarnya.

Disebutkannya lagi, tak hanya itu, kegiatan juga diisi dengan serangkaian lomba di antaranya fashion kreatif dewasa terkait protokol kesehatan, fashion show pakaian adat tradisional anak, kompetisi dokter kecil Kota Medan tentang Covid-19.

“Lalu, video kreatif Covid-19 dengan konten bebas khusus pegawai, dokter dan mahasiswa FK USU Per-angkatan. Video edukasi mahasiswa, cipta lagu/paduan suara seputar Covid-19, cipta lagu/paduan suara seputar Covid-19, dan senam online,” kata Prof Arlinda.

“Berbagai perlombaan tersebut ada yang ditujukan kepada masyarakat umum, mahasiswa, koas, PPDS, dokter dan pegawai departemen. Terlihat antusiasme selama masa pendaftaran pada lomba yang telah ditujukan walaupun dalam keadaan pandemi,” katanya sembari berkata ada juga pemberian souvenir HUT FK USU Ke-69 kepada para dosen yang purna bakti dan pemberian tali asih kepada para dosen yang meninggal karena covid, ujarnya lagi.

Dijelaskan, dies natalis FK USU tahun ini juga disemarakkan dengan pengabdian masyarakat. Tahun ini pengabdian masyarakat bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 tercatat sudah dilaksanakan swab PCR gratis di lab Mikrobiologi FK USU, sunatan massal, seminar awam edukasi terkait covid.

“Pembagian masker kain 3 ply berlogo HUT FK USU ke-69 kepada pedagang di tiga lokasi pasar tradisional, yakni pasar Jamin Ginting, Setiabudi dan Sei Kambing. Serta pembagian Vitamin C kepada tukang becak, penyapu jalan dan pengemudi ojek online di tiga lokasi, yakni seputaran Jl dr. Mansur, Jl Jamin Ginting, dan Jl Setiabudi,” sambungnya, menjelaskan.

Terakhir ada kegiatan Keakraban Dies Natalis FK USU ke-69 tahun. Segenap dokter, dosen, dan mahasiswa FK USU melaksanakan acara keakraban pada Minggu (19/9/2021). “Acara keakraban juga mengundang seluruh alumni FK USU yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Prof Arlinda.(finta rahyuni)