Kontingen KORMI Sumut di FORNAS VI Tiba di Palembang, Bahar Siagian: Maksimalkan Prestasi Harumkan Nama Daerah

Kontingen Provinsi Sumatera Utara yang bertanding di Festival Olahraga Nasional (FORNAS) VI Palembang, sudah tiba di Sumatera Selatan, Kamis (30/6/2022)
Kontingen Provinsi Sumatera Utara yang bertanding di Festival Olahraga Nasional (FORNAS) VI Palembang, sudah tiba di Sumatera Selatan, Kamis (30/6/2022)

 

MEDAN, kaldera.id – Kontingen Provinsi Sumatera Utara yang bertanding di Festival Olahraga Nasional (FORNAS) VI Palembang, sudah tiba di Sumatera Selatan, Kamis (30/6/2022). Rombongan ini bagian pertama yang berangkat pada Selasa 28 Juni 2022.

Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumatera Utara Baharuddin Siagian turut melepas kontingen atlet olahraga rekreasi masyarakat yang akan bertanding di Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VI di Palembang, Sumatera Selatan, 1 Juli hingga 7 Juli 2022.

“Semoga para atlet Sumatera Utara meraih prestasi terbaik. Harapan kita, Sumut masuk lima besar di Fornas VI Sumsel. Maksimalkan Prestasi, harumkan nama daerah. Jangan jadi turis pula di sana,” kata Baharuddin didampingi Wakil Ketua KORMI Sumut, Herri Zulkarnain, saat menyampaikan arahannya dalam upacara Pemberangkatan Kontingen Sumut, di Jalan Asrama, Medan, Kamis (30/6/2022).

Dalam arahannya, Bahar, sapaan akrab Baharuddin Siagian menyebutkan, Provinsi Sumut sangat berkepentingan dalam meraih prestasi terbaik di Fornas VI Palembang. Mengingat, hal ini akan menjadi salah satu modal untuk menghadapi PON 2024.

“Dari olahraga masyarakat ini, kita dapat menemukan bibit baru olahraga prestasi. Sebab, olahraga masyarakat akan menciptakan kebugaran yang maksimal. Kebugaran adalah modal penting bagi atlet untuk berprestasi,” kata Bahar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut ini juga menambahkan, bahwa seluruh kontingen Fornas VI Palembang asal Sumut, ditanggung dengan asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi kontingen kita ini dihitung sebagai pekerja informal, yang memang menjadi salah satu sektor yang dapat dilayani BPJS Ketenagakerjaan. Kami berterimakasih atas dukungan BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Muhammad Maimun Masri, Ketua Kontingen Sumut Fornas VI Palembang, Sumatera Selatan, menjelaskan rencananya Lampung akan mengikuti 26 kompetisi dari 55 induk olahraga (INORGA) yang dilombakan.

“Kali ini, kita menurunkan kurang lebih 234 pegiat olahraga beserta 35 official. Pegiat olahraga yang sampai pada hari ini akan mulai bertanding besok, Jumat (1/7/2022),” kata dia.

Kemarin, kontingen KORMI Sumatera Utara gelombang ke 2 diberangkatkan dari Medan. Mereka menyusul rombongan sebelumnya. Kali ini diberangkatkan 53 orang terdiri dari inorga ASIAFI, IOSKI, AKTI, ALTI, PERTONSI. FORNAS VI di Palembang sendiri sebanyak 55 induk olahraga dan 12 cabang olahraga rekreasi masyarakat.

Panji Wibisana, Deputi Direktur Wilayah BPJS TK Sumbagut, mengatakan pihaknya menjadi salah satu pendukung Kontingen Provinsi Sumut di Fornas VI Palembang. Kata dia, seluruh anggota kontingen baik itu pegiat olahraga dan official ditanggung dengan asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

“Seluruh anggota kontingen Fornas VI dari Provinsi Sumut akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan. Ini berlaku selama dua bulan. Artinya, dari pergi hingga pulang kembali ke rumah masing-masing jika terjadi kecelakaan atau kematian akan menerima manfaat dari jaminan ini,” terangnya.(reza/red)