Tanam Pohon di Area Kampus USU, Menko PMK Ingatkan Tiga Ancaman Global

Menko PMK, Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan
Menko PMK, Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan

 

MEDAN, kaldera.id – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy melakukan penanaman pohon di area Kampus USU, Rabu (6/7/2022). Kegiatan ini sebagai aksi nyata program penanaman sepuluh juta pohon gerakan nasional revolusi mental.

Dia menjelaskan, aksi nyata ini merupakan sebuah upaya bersama untuk memberikan kesadaran kepada civitas kampus terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan kebersihan demi kelangsungan hidup yang sehat ke depannya. “Saat kita menanam pohon membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menebang. Artinya, tanam pohon dan merawatnya bisa butuh 40 tahun. Seedangkan menebang hanya butuh 10 menit saja, ” katanya.

Dirinya menambahkan, saat ini ada tiga ancaman global yang tengah dihadapi. Pertama, adalah efek rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim. Kedua, Covid-19 dan ketiga adalah perang antara Rusia dan Ukraina. “Penanaman pohon yang dilakukan di USU ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi efek rumah kaca agar iklim global kembali normal,” tambahnya.

Selanjutnya Menko PMK berharap gerakan revolusi mental dalam hal menanam pohon dan merawat lingkungan ini bisa tumbuh dari lingkungan kampus. Sebab, dirinya percaya bahwa generasi muda di kampus selalu lebih jernih dalam memandang masa depan dalam hal menjaga lingkungan.

“Gerakan revolusi nental dalam penanaman pohon ini juga diharapkan bisa menyebar ke masyarakat dan akhirnya melahirkan kesadaran kolektif untuk lebih mencintai menanam daripada menebang,” pungkasnya.(reza)