Ketinggian Dinding Tanggul Rob Direncanakan 1,2 Meter di Atas Eksiting Badan Jalan

Walikota Medan, Bobby Nasution
Walikota Medan, Bobby Nasution

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Nasution berharap seluruh unsur Forkopimda mendukung pembangunan tanggul rob yang akan dilakukan Pemko Medan di Zona C. Dengan pembangunan tersebut diharapkan bisa mengatasi keluhan masyarakat sekitar selama ini.

Zona C sendiri dibangun di Kelurahan Belawan Bahagia, Kecamatan Medan Belawan. Tanggul tersebut dibangun dengan ketinggian dinding 1,2 meter sampai 1,5 meter di atas eksiting jalan. Desainnya sendiri dibuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Pembangunan tanggul rob yang dilakukan di zona C ini pertama kali diharapkan agar air tidak masuk lagi saat banjir rob terjadi. Setelah air tidak masuk lagi, baru kita upayakan bagaimana yang ada di kawasan itu bisa sejahtera. Sebab, kehadiran pemerintah dalam penanganan banjir rob ini untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Bobby Nasution saat memimpin rapat dengan unsur Forkopimda Medan bagian utara di Mako Marinir, Jalan Serma Hanafiah Belawan, Selasa (12/7/2022).

Dia menjelaskan, jika tanggul rob di zona C yang berada di Kelurahan Belawan Bahagia terbangun tentunya akan mempermudah pembangunan tahap berikutnya. Sebab, pembangunan tanggul rob akan terus dilanjutkan. Guna mendukung kelancaran pembangunan yang dilakukan, setiap tahunnya anggaran untuk pembangunan tanggul rob dimasukkan dalam APBD.

Bobby juga berharap agar PT Pelindo Cabang Belawan segera menyurati Kementerian BUMN terkait pelepasan aset lahan milik PT Pelindo Cabang Belawan yang ditempati warga, terutama yang di belakang tanggul atau di pinggir laut. Dikatakannya, pelepasan aset lahan itu bisa diserahkan langsung kepada Pemko Medan atau masyarakat.

Selanjutnya dalam rapat itu, baik Kapolres Belawan, Danyonmarhanlan I Belawan dan Kajari Belawan mendukung penuh pembangunan tanggul rob yang dilakukan Pemko Medan. Sebab, tujuan pembangunan mengatasi persoalan banjir rob yang terjadi di kawasan Medan bagian utara, terutama di Kecamatan Medan Belawan.(reza)