LLI Siap Berkolaborasi Wujudkan Lansia Sehat dan Produktif

Walikota Medan, Bobby Afif Nasution bersama lansia
Walikota Medan, Bobby Afif Nasution bersama lansia

 

MEDAN, kaldera.id – Usai dilantik Walikota Medan, Bobby Afif Nasution, Lembaga Lanjut Usia (LLI) Kota Medan menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemko Medan untuk mewujudkan pembangunan kota, terutama dalam menciptakan lansia yang sehat, produktif, berdaya dan sejahtera.

“Kami LLI Kota Medan menyatakan siap berkolaborasi dengan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan untuk mewujudkan pembangunan kota, khususnya untuk komunitas lansia yang sehat, produktif, berdaya dan sejahtera,” Ujar ketua LLI Kota Medan, Renward Parapat.

Menurut Renward, melalui LLI menjadi pengingat bagi kita bahwa setiap insan pasti bermanfaat bagi sesama tanpa terikat pada usia. Artinya, lansia merupakan siklus kehidupan manusia yang pasti setiap orang akan mengalaminya.

“Kenyataan saat ini menyebut kata lansia yang terbesit adalah seseorang yang tidak berdaya dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Padahal lansia dapat berdaya sebagai subjek dalam pembangunan kesehatan. Bertambah usia bukan tidak berdaya, seperti yang dicetuskan WHO bahwa lansia harus active ageing. Mendorong dan membentuk lansia yang sebelumnya tidak aktif menjadi aktif yang bertujuan untuk memperpanjang usia sehat dan produktif,” katanya.

Dia menambahkan, sebagai proses optimalisasi kesempatan kesehatan dan partisipasi keamanan untuk meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia.

Perlu menciptakan lingkungan yang memungkinkan seseorang terus aktif secara optimal baik fisik sosial dan psikologis dalam kehidupan sehari-hari sampai usia berapapun.

“Saya optimis hal ini dapat dirasakan lansia kota Medan atas dukungan bapak Walikota Medan, Bobby Nasution. Untuk itu juga saya mengajak seluruh pengurus lebih mengaktifkan organisasi ini di tingkat Kecamatan dan lebih mendorong sebagai agen perubahan untuk mengubah cara hidup lansia yang sehat mandiri dan produktif. Sehingga, bermanfaat bagi lingkungan,” tambahnya.

Pelantikan Pengurus Lembaga Lanjut Usia Kota Medan periode 2023-2028 dilakukan di Hotel Madani, Kamis (3/8/2023).

Bertepatan dengan Hari Lansia. Terpilih sebagai Ketua Pengurus LLI Kota Medan Renward Parapat, Sekretaris Benny Suheri dan Bendahara Khairani Siregar.

Sementara itu, Walikota Medan, Bobby Nasution berharap, LLI Kota Medan dapat berkolaborasi dengan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

Sebab, banyak sebenarnya yang bisa dijadikan referensi bagaimana lansia di suatu wilayah menjadi lansia yang produktif.

“Kita harus dapat mengubah mindset lansia di usianya saat ini yang biasanya hanya duduk dan mengurus cucu harus lebih produktif,” ungkapnya.

Bobby Nasution juga mencontohkan kegiatan yang bisa melibatkan lansia seperti, pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemko Medan yang bertemakan universal desain.

Dimana, selama ini trotoar yang ukurannya tinggi sekarang dbuat lebih rendah, agar lansia dan masyarakat difabel mudah naik ke trotoar.

Dia pun menyakini melalui pengurus baru LLI Kota Medan lansia akan sehat dan lebih produktif serta terus memberikan sumbangsihnya untuk pembangunan kota Medan ke depannya.(reza)