IKOM Fisip UMA Kirim Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMA resmi melepas mahasiswa Semester VI untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke sejumlah instansi pada tahun 2023.
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMA resmi melepas mahasiswa Semester VI untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke sejumlah instansi pada tahun 2023.

 

MEDAN, kaldera.id – Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMA resmi melepas mahasiswa Semester VI untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke sejumlah instansi pada tahun 2023.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMA, Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc, CPSP mengatakan kegiatan ini penting karena akan menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di dunia kerja.

“Bagaimana bekerja di instansi maupun perusahaan,” katanya pada saat memberikan kata sambutan di Ruang 2.4 Gedung FISIP UMA.

Oleh karena itu, Prodi Ilmu Komunikasi terus mempertahankan Mata Kuliah KKL dalam kurikulum, karena dinilai sangat penting, karena tantangan mencari kerja ke depan adalah berbasis kompetensi dan juga praktik, jelas Agnita.

Dekan FISIP UMA, Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si menambahkan, kegiatan KKL menjadi sangat penting, karena mahasiswa tidak hanya bisa belajar dari dalam kampus, melainkan juga ke luar kampus, sehingga mahasiswa dapat menyerap berbagai pelajaran dan pengalaman berharga di luar sana.

“KKL punya beragam manfaat dan keuntungan bagi kita sendiri, seperti: menambah wawasan, berinteraksi dengan banyak orang, pijakan awal dalam melakukan penelitian, dan telah menjalin relasi dengan dunia usaha dan industri bahkan sebelum turun ke dunia kerja,” ungkap Dekan saat memberikan kata sambutan sekaligus melepas Mahasiswa KKL.

Menjaga nama baik program studi

Dekan juga berpesan kepada seluruh Mahasiswa KKL agar tetap menjaga etika dan sopan santun pada saat melaksanakan KKL, sehingga tetap menjaga nama baik program studi. “Mengikuti aturan kerja yang ada, sehingga tetap menjaga nama baik Prodi Ilkom FISIP UMA,” pungkasnya.

Kegiatan KKL sendiri akan berlangsung selama 1 bulan di berbagai instansi yakni Pemko Medan, PTPN II/III/IV, Gedung Pemprovsu, Diskominfo Kabupaten Dairi/Nias/Provsu, Sat Brimob Poldasu, Kejatisu, Kantor Poldasu, PLN Persero UP3, PTUN Medan, Disperindag ESDM, Bank Sumut, Dinsos Binjai, Lonsum, KPID Provsu, DPRD-SU, Angkasa Pura Aviasi Bandara KNO, Tirtanadi, Jasa Raharja, PT.

Telkom STO PDB, Mixue, BNN, Polrestabes Medan, Harian Medan, Pewarta.co, Waspada.id, TVRI, Tribun Medan,Partai Hanura dan masih banyak lagi.

Turut hadir dalam kegiatan pelepasan ini Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Dedi Sahputra, M.A, dan sejumlah dosen Ilmu Komunikasi FISIP UMA. (analisa)