Dewan Mendorong Pemko Medan Lebih Maksimal Dalam Mengelola Aset

Irwansyah
Irwansyah

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota DPRD Kota Medan Irwansyah menegaskan, Pemko Medan harus lebih memaksimalkan potensi aset daerah yang mereka miliki saat ini. Apalagi nilainya mencapai Rp30, 5 triliun.

Pihaknya saat ini secara intens terus mendorong agar Pemkot Medan memaksimalkan potensi aset daerah ini, terlebih lagi untuk meningkatkan PAD. Bila PAD meningkat, tentunya pembangunan yang diinginkan dapat terwujud.

“Setiap rapat konsultasi dan koordinasi dengan OPD terkait di lingkungan Pemkot Medan tentang penanganan aset daerah, kami tetap menekankan dipergunakan untuk peningkatan PAD,” katanya.

Menurutnya, apabila aset yang dimiliki dimaksimalkan, tentunya tidak ada aset pemerintah yang dikuasai oleh pihak tertentu, terlebih dari pengawasan. “Inventarisasi aset sangat penting dilakukan agar mengetahui sejauh mana keberadaan aset daerah, baik bermasalah atau tidak di Kota Medan,” kata politisi PKS itu.

Dia menambahkan, aset daerah itu hilang karena legalitas atau oknum tertentu menguasai tanpa legalitas. Hal ini juga kerap disampaikan di setiap kesempatan dengan OPD berkompeten penanganan aset.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Kota Medan Zulkarnain Lubis mengatakan pihaknya berupaya mengoptimalkan pemanfaatan aset daerah yang mencapai Rp30,5 triliun itu bagi perekonomian kota.

Pihaknya tidak menyangkal masih ada aset tanah maupun bangunan yang kurang optimal, baik fungsi, penggunaan, serta pemanfaatan, sehingga tidak menghasilkan nilai ekonomi.(reza)