Ketua PD Al Washliyah Medan: Pemerintah harus Aktif Periksa Hewan Qurban

0
43
Ketua PD Al Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz Harahap
Ketua PD Al Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz Harahap

 

MEDAN, kaldera.id – Dalam beberapa hari ke depan, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha, dan salah satu aktivitasnya adalah menyembelih hewan qurban. Terkait hewan qurban pemerintah dan masyarakat harus memastikan hewan qurban memenuhi persyaratan.

Himbaun itu disampaikan Ketua PD Al Washliyah Kota Medan H. Abdul Hafiz, kemarin di Kantor PD Al Washliyah Kota Medan Kompleks Tasbih II Medan Selayang.

Dijelaskan H. Abdul Hafiz diantara yang harus diperhatikan adalah memastikan hewan qurban yang akan disembelih dalam keadaan sehat, tidak mengidap penyakit tertentu. Dan untuk memastikan itu, harus dibuktikan dengan sertifikat dari dokter hewan yang berkompeten.

Kemudian kata H. Abdul Hafiz pemerintah sebagai pemangku kepentingan rakyat, harus pro aktif turun ke lapangan untuk memeriksa hewan qurban yang akan disembelih. Atau membuka akses/posko bagi masyarakat yang ingin memeriksakan hewan qurbannya.

lebih lanjut H. Abdul Hafiz menyebutkan bahwa penting diperhatikan juru sembelih hewan qurban idealnya seorang juru sembelih yang bersertifikat dan atau memiliki keahlian dalam menyembelih. Selain untuk memastikan cara penyembelihan yang benar (sesuai norma Islam), juga agar tidak “menyakiti” hewan qurban saat disembelih.

“Bahkan saat penyembelihan agar dijauhkan dari anak-anak yang belum cukup umur, agar tidak menimbulkan efek psikologis (kekerasan, sadisme, dll) pada anak-anak”, jelas H. Abdul Hafiz.

Dalam konteks norma Islam, adab saat pelaksanaan penyembelihan hewan qurban harus diterapkan, maka hewan qurban yang sedang menunggu antrian untuk disembelih harus dijauhkan, agar hewan tersebut tidak stres karena menyaksikan temannya disembelih.

“Inilah beberapa hal penting yang harus diperhatikan pemerintah dan masyarakat, sehingga diharapkan ibadah qurban yang dilaksanakan diterima Allah Swt”, ujar H. Abdul Hafiz. (efri surbakti/red)