Pemkab Asahan Ingatkan Jangan Ada Aksi Borong

Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar.
Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar.

ASAHAN, kaldera.id – Pemkab Asahan menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan berlebihan menyikapi persoalan virus corona. Pencegahan penyebaran virus tersebut dapat ditangani bersama.

Pemkab Asahan juga meminta kepada pihak distributor, pedagang, dan lainnya agar melakukan pembatasan jual kepada masyarakat yang ingin membeli kebutuhan pokok.

“Jangan sampai ada aksi borong bahan kebutuhan pokok,”ujar Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Sabtu,(28/3/2020).

Tidak adanya aksi borong dikuatkan dengan surat edaran Dinas Koperasi dan Perdagangan Asahan No510/0747 tentang kewaspadaan dan upaya mencegah penyebaran COVID-19 serta terjaminnya distribusi dan ketersedian bahan kebutuhan pokok penting.

“Ini sebagai upaya menghindari panic buying,” tambahnya.

Pemkab Asahan juga berharap agar para pengelola fasilitas perdagangan bisa menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Selain itu, menjaga sanitasi kebersihan diseluruh fasilitas perdagangan maupun produksi yang ada.

Para pengelola perdagangan juga harus dapat menyediakan antiseptik pada fasilitas toilet. Kemudian menghindari kontak fisik dan menghindari kerumunan orang. (fendi)