Cara Unik Polres Batubara, Gandeng Wak Kombur Sosialisasikan Larangan Mudik

Polres Batubara mulai sosialisasikan larangan mudik lebaran 2021. Namun uniknya, sosialisasi tersebut dilakukan dengan menggandeng konten kreator asal kota Medan, Wak Kombur.
Polres Batubara mulai sosialisasikan larangan mudik lebaran 2021. Namun uniknya, sosialisasi tersebut dilakukan dengan menggandeng konten kreator asal kota Medan, Wak Kombur.

BATUBARA, kaldera.id- Polres Batubara mulai sosialisasikan larangan mudik lebaran 2021. Namun uniknya, sosialisasi tersebut dilakukan dengan menggandeng konten kreator asal kota Medan, Wak Kombur.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis menyebut menggandeng konten kreator dalam sosialisasi ini diharapkan dapat menyampaikan pesan penting larangan mudik ini dengan konsep yang berbeda.

Wak Kombur yang merupakan dua pria yaitu Wak Broetal dan Wak Obenk dalam lakonan tersebut, membawakan pesan-pesan dengan cara menghibur namun penuh makna.

“Kami berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan larangan untuk tidak melakukan mudik. Pandemi Covid-19 ini belum berakhir,” kata AKBP Ikhwan, di Kecamatan Lima Puluh, Selasa (4/5/2021).

Menurut Ikhwan, tidak hanya memfokuskan himbauan larangan mudik, namun juga terus memperhatikan situasi lalu lintas di sepanjang Jalinsum di kawasan Batubara.

Sementara itu, Wakapolres Batubara Kompol Rudy Candra, yang memimpin langsung proses suting tersebut, juga memberikan masukan dalam beberapa adegan dan sejumlah pesan- pesan Kamtibmas.

“Adegan ini dilakukan sepasang suami istri yang ingin mudik, tapi sulit mencari transportasi. Namun ada seorang pria menawarkan bantuan mudik dengan mengendarai becak mesin. Mereka akan melewati jalur-jalur mudik yang tidak terpantau petugas di lapangan ” kata Rudi memberikan sedikit bocoran adegan tersebut.

Pesan layanan masyarakat ini dikemas dalam video atau film pendek yang diperankan Wak Broetal dan Wak Obenk. Beberapa talent juga turut meramaikan proses film tersebut, termasuk sejumlah personil polres Batubara.

Kompol Rudi mengatakan, video akan ditayangkan pada 6 Mei 2021 sesuai jadwal larangan mudik. Video ini akan diposting di media sosial serta Chanel YouTube Polres Batubara dan Wak Kombur.

“InsyaAllah, pesan yang dimaksudkan dapat sampai langsung ke masyarakat dengan memanfaatkan media sosial. Termasuk berbagai lintas generasi,” ujar Kompol Rudy. (finta rahyuni)