Syah Afandin Yakin APKASI Bantu Majukan Kabupaten di Sumut

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat menghadiri Muswil APKASI Sumut di Kantor Bupati Serdang Bedagai, Kamis (19/5/2022)
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat menghadiri Muswil APKASI Sumut di Kantor Bupati Serdang Bedagai, Kamis (19/5/2022)

 

SERDANGBEDAGAI, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin yakin Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bisa membantu meningkatkan kerjasama antar daerah. Syah Afandin juga mengaku pihaknya siap bersinergi untuk mewujudkan program kerja APKASI dalam upaya memajukan kabupaten di Sumut.

“Pemkab Langkat siap menjalankan program APKASI. Kami yakin Langkat dan kabupaten lainnya di Sumut semakin maju dan sejahtera,” ungkapnya saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) APKASI wilayah Sumatera Utara, di Komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (19/5/2022).

Sebelumnya, Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya mengucapkan selamat datang kepada ketum dan Sekjen beserta rombongan kepala daerah yang hadiri.

“Inilah kami, kabupaten Serdang Bedagai. Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dengan tema kerjasama antar daerah, kita tingkatkan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah. Saya harap jalinan kerjasama yang selama ini telah terjalin dapat terus ditingkatkan,” ungkap Darma wijaya.

Darma menjelaskan, pihaknya siap bekerjasama dibiidang pariwisata, pertanian, perkebunan, peternakan dan lainnya. Kesemuanya akan lebih ditingkatkan demi kemaslahan masyarakat.

“Serdang Bedagai memliki luas lebih kurang 190 ribu hektar. Sebanyak 100 ribu hektar merupakan perkebunan. Kemudian 40 ribu hektar pertanian dengan irigasi. Dengan potensi wilayah ini, tentunya banyak kerjasama yang dapat dilakukan,” jelasnya.

“Kami juga melakukan inovasi di peternakan sapi. Bagi bapak ibu kepala daerah yang membutuhkan daging sapi dapat mengimpornya dari wilayah kami,” tambahnya.

Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengapresiasi Bupati Serdang Bedagai yang juga Korwil I APKASI Sumatera Utara yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kami sangat apresiasi. Walau sempat tertunda karena covid lalu, muswil akhirnya dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh pemerintah kabupaten untuk terus bersinergi dan menjalin kerjasama antar daerah terkait potensi-potensi daerahnya masing-masing.

“Asosiasi ini siap memberikan peluang kerjasama antar daerah. Berbagai produk unggulan dari daerah dapat dikerjasamakan demi memenuhi kebutuhan masyarakat,”tambahnya.

Sutan Riska menambahkan hasil Muswil Sumut ini nantinya akan dibawa dan dibahas di Munas di Bogor.

“Kami hadir bersama untuk membahas isu strategis. Salah satu tugas pokok APKASI adalah memfasilitasi permasalahan di tingkat provinsi maupun di pusat. Hasil rapat ini akan kami bawa ke Munas di Bogor dalam waktu dekat,” pungkasnya.(ali)