Gus Irawan Dorong Peningkatan Ekonomi Petani di Tapsel

Anggota Komisi 11 DPR-RI Gus Irawan Pasaribu dan Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu menyerahkan 24 unit alat-alat pertanian (alsintan) kepada Kelompok Tani di Kabupaten Tapanuli Selatan.
Anggota Komisi 11 DPR-RI Gus Irawan Pasaribu dan Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu menyerahkan 24 unit alat-alat pertanian (alsintan) kepada Kelompok Tani di Kabupaten Tapanuli Selatan.

TAPANULI SELATAN, kaldera.id- Anggota Komisi 11 DPR-RI Gus Irawan Pasaribu dan Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu menyerahkan 24 unit alat-alat pertanian (alsintan) kepada Kelompok Tani di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Penyerahan ke 24 unit alsintan Program Sosial Bank Indonesia PKM UMKM (mitra kerja komisi 11 DPR-RI) pada Sabtu (9/7/2022) di Kantor Camat Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua, Deputi Kepala Perwakilan BI Sibolga Jonataruli Sidabalok, Tokoh Perbankan Jon Sujani Pasaribu juga turut di daulat menyerahkan alsintan tersebut kepada kelompok tani.

Dalam sambutan Gus (sapaan akrab Gus Irawan) mengatakan mudah-mudahan bantuan alsintan kolaborasi DPR-RI Komisi 11 – Pemkab Tapsel dan BI ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kelompok tani di wilayahnya masing-masing.

“Kiranya melalui bantuan ini produktifitas pertanian Tapsel dapat lebih meningkat sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi petani, dan volume kerja petani semakin lebih efisien,” harap Gus senada disampaikan Jonataruli Sidabalok.

Sementara Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu mengucapkan terimakasih kepada Gus Irawan dan Bank Indonesia telah membantu sejumlah kelompok tani di wilayah kerjanya. Tidak lepas dalam mendukung akselerasi pembangunan pertanian negara khususnya di Tapsel.

“Karenanya mari kita syukuri. Mengingat 70 persen lebih masyarakat Tapsel bergantung sektor pertanian, beban APBD yang semakin berat dampak pandemi COVID-19, kita akan sekuat tenaga agar bantuan demi bantuan ke Tapsel bisa turun,” kata Dolly.

Adapun jenis bantuan 24 unit alat mesin pertanian itu menurut laporan Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua Siregar yaitu sembilan unit Cultivator, 11 unit Hand Tracktor, dan empat unit Power Thereser.

Para kelompok tani penerima bantuan Alsintan tersebar di sejumlah kecamatan di Tapsel di antaranya Koptan Bersaudara Sipirok, Koptan Sempurna Batang Angkola, Koptan Raptama Marancar, Koptan Saba Dano Godang Angkola Timur, Koptan Siala Sampagul Arse, Koptan Rap Tama Angkola Muaratais dan lainnya.(rel/arn)