Sei Lepan Jadi Kecamatan Terbaik se Langkat, Plt Bupati Ingatkan Camat Lebih Serius Menterjemahkan Kebijakan

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat menyerahkan bantuan sosial
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin saat menyerahkan bantuan sosial

 

LANGKAT, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menyerahkan tunggul kecamatan terbaik se -Langkat di Lapangan Venus, Komplek Pertamina, Pangkalan Brandan, Kecamatan Sei Lepan, Langkat, Kamis (8/9/2022).

Kecamatan Sei Lepan terpilih menjadi terbaik pertama. Sedangkan Kecamatan Sawit Sebrang dan Besitang terpilih menjadi terbaik kedua dan ketiga.

Syah Afandin berharap para camat menjadi ujung tombak dan perpanjangan tangan di lapangan. Mampu menterjemahkan dan melaksanakan semua kebijakan yang telah digariskan dengan penuh tanggungjawab.

“Kami dapat memahami bahwa tugas sebagai camat demikian kompleks dan beragam. Jadi, saya minta keseriusan dan tanggung jawab,” tegasnya.

Seorang camat juga dituntut tanggap dan piawai dalam menyelesaikan berbagai masalah yang muncul di tengah masyarakat yang heterogen. Mampu melahirkan inovasi dan terobosan baru serta menjaga harmonisasi dengan berbagai pihak dan elemen masyarakatnya.

“Kabupaten Langkat sebagai sebuah sistem yang berasal dari sub sistem kecamatan, maka keberhasilan menjadi ukuran keberhasilan Pemkab Langkat dalam melayani warganya,” jelasnya.

Untuk itu, camat sebagai perpanjangan tangan kepala daerah di kecamatan harus benar benar mengetahui tugas pokok dan fungsinya. Sehingga, masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah daerah di kecamatan melalui kepemimpinan camat.

“Penilaian kecamatan terbaik ini bermaksud menumbuh kembangkan semangat berkompetisi menjadi yang terbaik dalam pelayanan. Sekaligus sebagai alat evaluasi terhadap kinerja camat,” katanya.

Kegiatan ini diselingi dengan pemberian penyerahan bantuan sosial sebesar Rp6,181,700,000 kepada 4.297 bilal mayit, 5.151 penggali kubur dan 5.129 abang becak se Langkat.

BACA JUGA :  Bupati Langkat Non Aktif Dituntut 9 Tahun Penjara

Dalam kegiatan yang lain, Plt Bupati Langkat menghadiri pemberian bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat sekitar kawasan konservasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara kepada 14 kelompok tani, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Kamis (8/9/2022).

 

Memberikan pengetahuan kepada Kelompok tani atau masyarakat

Kabid KSDA Wilayah 1 BPKSDA Sumut, Mustafa Imron Lubis menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada Kelompok tani atau masyarakat yang ada di sekitar kawasan konservasi Balai Besar KSDA Sumut. Selain itu, untuk pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat sekitar kawasan konservasi yang bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan konservasi agar lebih berdaya dan sejahtera.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada Pemkab Langkat dalam pengembangan pariwisata dan infrastruktur. Termasuk peningkatan kesejahteraan kelompok taninya.

Plt Bupati Langkat berterimakasih atas dukungan Djarot Saiful pada pengembangan pariwisata dan pembangunan lainya di Langkat.
Ia juga berterimakasih kepada Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sumut atas terlaksananya giat Bimtek dan sosialisasi dan pemberian bantuan.

Afandin meyakini upaya tersebut mewujudkan masyarakat sejahtera. Dirinya berharap giat itu salah satu jembatan komunikasi yang baik untuk terbinanya rasa tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan dan alam.

Diketahui bantuan ekonomi produktif kepada masyarakat dan Kelompok Tani sekitar kawasan konservasi Balai Besar KSDA Sumut ini bersumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).(red)