Dispora Sumut Gelar Pemberdayaan Organisasi Kepemudaan

0
107
Kadispora Sumut Baharuddin Siagian diwakili Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Sumut, Fahri Azhari, bersama peserta pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan di Sumut.(kaldera/HO)
Kadispora Sumut Baharuddin Siagian diwakili Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Sumut, Fahri Azhari, bersama peserta pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan di Sumut.(kaldera/HO)

MEDAN, kaldera.id – Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu) menggelar acara pemberdayaan dan pengembangan organisasi kepemudaan tingkat daerah bagi Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (Himmah) Sumut tahun 2023, di Le Polonia Hotel Medan, Jumat (17/3/2023).

Kadisporasu H Baharuddin Siagian SH MSi dalam sambutannya dibacakan Kepala Bidang (Kabid) Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan Fahri Azhari S.STP M.SP mengatakan, kegiatan ini selain untuk bersilaturahmi juga sebagai ajang musyawarah daerah (Musda) bagi Himmah.

“Saya harapkan acara ini tidak hanya untuk bersilaturahmi saja, tapi manfaatkanlah sebagai ajang mengeluarkan ide-ide yang bermanfaat bagi pemuda ke depannya khususnya di Sumut,” harapnya, dalam siaran pers yang diterima kemarin.

Selain itu kata Kadisporasu, kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada seluruh kader di dalam organisasi ini.

Untuk itu kata Baharuddin Siagian, seluruh peserta hendaknya mengikuti kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin sebagai konsekwensi untuk mengembangkan sikap positif pada komunitas dimana saudara berkarya.

“Kegiatan ini sangat positif dan banyak manfaatnya bagi kader-kader kepemudaan dan diharapkan tidak berhenti sampai disini saja. Saya harapkan organisasi kepemudaan lainnya juga melaksanakannya,” jelasnya.

Samakan Persepsi Pemuda

Kadisporasu juga mengatakan, hal ini untuk menyamakan persepsi demi kemajuan organisasi yang dibangun menuju Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat dalam pendidikan yang terpelajar, berkarakter, cerdas, kolaboratif, berdaya saing dan mandiri, sebagaimana visi Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 – 2023.

“Saya mengingatkan kembali tentang pemahaman kegiatan ini, bukan hanya sekedar acara seremonial saja, akan tetapi telah dipersiapkan melalui proses yang panjang dengan menjunjung tinggi asas peraturan yang merujuk kepada Pancasila dan UUD 1945,” jelasnya.

Sehingga ke depan diharapkan para generasi muda yang tergabung dalam Himmah Sumut menjadi generasi yang mengaktualisasikan nilai, ide dan gagasan, sehingga tercipta kader-kader yang kreatif, inovatif dan produktif serta memiliki jati diri, unggul, berkarakter, berkualitas serta berlandaskan iman dan taqwa. “Untuk itu diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada seluruh kader di dalam organisasi ini,” jelasnya.

Baharuddin Siagian juga berpesan kepada Pimpinan Wilayah Himmah Sumut untuk tetap menciptakan komunikasi yang membangun kepada tokoh agama, pemuda dan kaum cendikiawan agar tercipta situasi yang kondusif di Sumut yang telah terbina dengan baik dalam membangun harmonisasi komunikasi di wadah masing-masing. Kegiatan ini juga dihadiri Pimpinan Pusat dan wilayah Himmah Sumut, para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Disporasu serta undangan lainnya.(efri/rel)