Atlet tinju Sumatera Utara yang akan berlaga di PON 2024 berpose di sela-sela latihan mereka di Simalungun. Tinju PON 2024 akan ditandingkan pada 8-20 September 2024.(HO-SIWO PWI/kaldera)
Atlet tinju Sumatera Utara yang akan berlaga di PON 2024 berpose di sela-sela latihan mereka di Simalungun. Tinju PON 2024 akan ditandingkan pada 8-20 September 2024.(HO-SIWO PWI/kaldera)

SIMALUNGUN, kaldera.id – Persatuan Tinju Indonesia (Pertina) Sumatera Utara memboyong 20 atlet mereka yang akan berlaga di PON 2024 berlatih di alam terbuka di Kabupaten Simalungun. Daerah ini merupakan kampung halaman Jeka Saragih, petarung bebas UFC yang mendunia itu.

Pertina cukup serius mempersiapkan para petinjunya menghadapi PON 2024. Setelah training camp berbulan-bulan di Martubung, Medan, sebanyak 20 petinju saat ini berlatih ke alam terbuka kawasan perkebunan PTPN IV Desa Buntu Bayu, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.

Kawasan Perkebunan tersebut dipilih sebagai sarana bagi petinju untuk berlatih di alam terbuka.
Selain jadi sarana refreshing, program ini juga dinilai bagus untuk peningkatan dan pemeliharaan stamina. Namun fokus mereka sebulan ke depan pada pendalaman strategi dan teknik.

“Fokusnya pemeliharaan kondisi stamina, strategi dan pendalaman teknik bertanding dengan mempelajari calon-calon lawan yg bakal dihadapi,” tutur Anharsyah Tua Harahap, Pelatih Tinju PON Sumut, Jumat (2/8/2024).

Dia mengatakan, para petinju mulai latihan di Simalungun sejak 20 Juni 2024. Dari tempat ini, mereka akan langsung bertanding di PON 2024 dengan veneu tinju di Pematang Siantar, pada 8 September hingga 20 September 2024.

Anhar yang menangani petinju bersama Liston Tampubolon, Nazaruddin Lubis dan Togap Marbun menilai persiapan tim sejauh ini sangat bagus. Hal ini tak lepas dari keseriusan Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Manalu.

“Beliau begitu intens memantau perkembangan atlet dan pelatih dengan memfasilitasi Pelatda penuh jangka panjang secara mandiri. Semoga target bisa tercapai,” tegas Anhar.

Pertina Sumut bakal menurunkan 20 petinju untuk mengisi 20 nomor pertandingan. Minimal 10 medali emas diharapkan bisa diraih petinju Sumut selaku tuan rumah.(frozi/red)