Leeds Dominasi Liverpool, Meriam London Meledak di Laga Pembuka Liga Inggris

Ekspresi J Harisson (tengah) sebelum melepaskan tembakan ke gawang Liverpool yang berbuah gol di Anfield, dinihari tadi.(ist/kaldera)
Ekspresi J Harisson (tengah) sebelum melepaskan tembakan ke gawang Liverpool yang berbuah gol di Anfield, dinihari tadi.(ist/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Juara Championship musim lalu, Leeds United, mampu mendominasi permainan atas Liverpool meski akhirnya kalah tipis. Sementara Meriam London, Arsenal, menang telak 3-0 atas Fulham di Craven Cottage.

Liga Primer Inggris memulai kampanye musim 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19, dengan laga yang menghibur, Sabtu hingga Minggu (13/9/2020) dinihari tadi. Dari Anfield Stadium, Leeds United yang baru saja promosi ke Liga Primer harus menghadapi juara bertahan Liverpool yang dominan di musim lalu.

Laga yang memang diprediksi tak mudah bagi Liverpool menjadi kenyataan. Setelah Liverpool unggul cepat di menit 4 lewat penalti Muhammad Salah, Leeds membalasnya di menit 12 lewat Harrison. Usai menerima umpan di sisi kiri Harrison menggiring melewati Trent Arnold dan mengecoh Joe Gomez, dan ia melepaskan tendangan keras datar tanpa mampu dijangkau Alisson.

Delapan menit kemudian, Liverpool kembali unggul lewat Van Dijk dengan skema set piece. Tanpa menunggu lama, di menit 30, Bamford kembali menyamakan kedudukan untuk Leeds. Kali ini dia memanfaatkan kesalahan Van Dijk yang membuang bola ke arahnya. Dengan satu sentuhan, Alisson kembali memungut bola dari jalanya sendiri.
Tiga menit kemudian, Salah menutup keunggulan Liverpool di babak pertama, 3-2.

Di babak kedua, Leeds terus mendominasi permainan. Hasilnya, di menit 66, Leeds kembali membuat skor imbang 3-3 lewat gol M Klich. Keberuntungan memihak Liverpool di ujung laga. Berkat kecerdikan Fabinho, wasit memberi hadiah penalti kedua yang dieksekusi sempurna oleh Salah yang membuatnya hattrick di laga perdana Liga Inggris musim ini.

Di akhir laga tercatat dominasi Leeds atas Liverpool dengan penguasaan bola 52% berbanding 48%. Leeds juga menguasai lapangan dengan melepaskan 459 operan berbanding 432 operan milik Liverpool. Meski tak punya pemain bintang, tim asuhan Marcelo Bielsa ini mampu mengimbangi akurasi operan Liverpool dengan sama-sama 75% di statistik.

Hal lain yang menarik dilaga ini adalah, Alisson Becker yang katanya kiper terbaik Liga Primer Inggris musim lalu, sama sekali tak memiliki penyelamatan (saved). Karena, tiga shots on goal yang dilesakkan Leeds United semuanya berbuah gol. Ente ngapain saja Ali?

Meriam London Meletup

Sementara di markas Fulham, Craven Cottage, Arsenal memulai liga dengan kemenangan besar 3-0. Gol dicetak oleh Lacazette, Gabriel dan Aubameyang. Di laga ini, pemain debutan Gabriel yang dibeli dari Lille dan Willian yang meninggalkan Chelsea menuai pujian. Willian mencetak 2 assist.

Sedangkan di laga lain, Crystal Palace mampu meraih 3 poin setelah mengalahkan Southampton 1-0 di Selhurst Park Stadium. Gol semata wayang diciptakan Wilfrid Zaha lewat tendangan voli usai menerima umpan silang yang diantar Andros  Pengirim Kota (Townsend).

Dinihari tadi, Newcastle United juga mengantongi 3 poin setelah menumbangkan West Ham United 0-2. Di klasemen, tim besutan Steve Bruce ini menguntit Arsenal yang ada di peringkat 1. Di susul Liverpool di posisi 3 dan Crystal Palace di posisi 4.

Malam ini lanjutan Liga Primer Inggris akan memainkan laga West Bromwich vs Leicester City dan Tottenham Hotspurs vs Everton yang dapat disaksikan di layar kaca televisi, PC atau ponsel masing-masing.(f rozi)