Mutasi Polda Sumut: Yemi Mandagi Dirresnarkoba, Sumaryono Dirreskrimum

Kombes Pol Yemi Mandagi (kiri) dan Kombes Pol Sumaryono (kanan). Keduanya tak lama lagi akan bertugas di Polda Sumut.(ist)
Kombes Pol Yemi Mandagi (kiri) dan Kombes Pol Sumaryono (kanan). Keduanya tak lama lagi akan bertugas di Polda Sumut.(ist)

MEDAN, kaldera.id – Mutasi yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyasar pejabat utama di Polda Sumatera Utara. Mutasi ini tertuang dalam ST/497/II/KEP./2023 ST/498/II/KEP./2023. Jabatan Dirresnarkoba dan Dirreskrimum berganti pejabat.

Surat ini ditandatangani langsung oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono tertanggal 26 Februari 2023.
Kombes Pol Yemi Mandagi, yang dikenal sebagai mantan Kapolresta Deliserdang diangkat menjadi Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sumut. Dia menggantikan Kombes Pol Cornelius Wisnu Aji Pamungkas yang diangkat sebagai Kasubdit V Dittipidnarkoba Bareskrim Polri.

Sementara Kombes Pol Sumaryono, menggantikan Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumut. Tatan akan menjalani pendidikan Sespimti Dikreg ke 31 TA 2022. Sumaryono pernah menjabat sebagai Kapolres Madiun dan Kapolres Kediri.

Satu pejabat di Polda Sumut yang mendapat rotasi jabatan yakni Waka SPN Polda Sumut, AKBP Edi Suranta Sinulingga, dimutasi sebagai Dansat KBR Pasukan Gegana Koorps Brimob Polri. Edi dikenal pernah menjabat sebagai Kapolres Langkat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo telah mengonfirmasi surat telegram itu. “Ya betul. Mutasi hal yang alamiah dalam organisasi Polri, dalam rangka pergantian personel yang memasuki masa purna, sekalian untuk promosi, tour of area dan duty,” ujar Dedi, Minggu (26/2/2023).(ali amri/red)