Ilustrasi Ace Hardware. (suhtterstock/kumparan)
Ilustrasi Ace Hardware. (suhtterstock/kumparan)

MEDAN, kaldera.id – Ritel Ace Hardware Tbk (ACE/ACES), akan pamit usai 29 tahun jualan di Indonesia. Perusahaan tidak lagi memperpanjang lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd yang berakhir pada Desember 2024.

Nama perusahaan berganti jadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) dengan kode emiten tetap ACES. Sedangkan indentitas merek baru tengah disiapkan. Keputusan tersebut disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 7 Juni 2024 yang diumumkan pada 27 Agustus 2024 oleh perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai salah satu langkah strategis bisnis.

Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja, mengatakan keputusan ini diambil sejalan dengan fokus dan rencana pengembangan bisnis perusahaan di masa mendatang untuk menjawab tren pasar dan preferensi konsumen yang terus berevolusi. Perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan ragam inovasi produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi hidup pelanggan di Indonesia.

“Perusahaan kini tengah mempersiapkan peluncuran identitas merek baru yang mencerminkan komitmen perusahaan terhadap kualitas dan pelayanan terbaik, yang dijadwalkan akan diperkenalkan kepada seluruh pelanggan pada awal tahun 2025,” katanya dalam keterangan resmi dikutip Selasa (3/9).

Gregory mengaku sangat yakin keputusan ini mampu mempertahankan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, mempertahankan daya saing yang kuat di industri ritel, semakin relevan dengan kebutuhan setiap pelanggan, serta memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap seluruh pemangku kepentingan.

Per awal semester II tahun 2024, perusahaan membuka 10 toko dengan menjangkau enam wilayah baru yakni Banyuwangi, Garut, Banda Aceh, Tanjungpinang, Ternate dan Palopo. Kini ada 241 jaringan toko ACES yang tersebar di 73 kota dan juga hadir secara omni-channel melalui ruparupa.(efri/kum)