Meski Libur, Mahasiswa tetap ke Kampus

Suasana kampus Unimed terlihat lengang, Selasa (18/3/2020). Meski begitu beberapa mahasiswa masih datang ke kampus untuk urusan tertentu. (Kaldera/silvia)
Suasana kampus Unimed terlihat lengang, Selasa (18/3/2020). Meski begitu beberapa mahasiswa masih datang ke kampus untuk urusan tertentu. (Kaldera/silvia)

MEDAN, kaldera.id – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan virus Corona, sejumlah kampus di kota Medan menerapkan kuliah online sebagai pengganti dari tatap muka.

Meski begitu, sejumlah mahasiswa masih tampak mengunjungi kampus masing-masing. Salah satu yang terpantau oleh kaldera.id adalah Universitas Negeri Medan (Unimed).

Meski perkuliahan tatap muka telah ditiadakan sejak kemarin, tampak mahasiswa masih hilir mudik di area kampus. Namun jumlah mahasiswa yang terpantau tidak begitu banyak, hanya segelintir yang terlihat, Selasa (17/03/2020).

Salah satu yang berhasil kaldera.id wawancarai menerangkan jika perihal ia ke kampus guna menyelesaikan urusan beasiswa yang sedang diambilnya.

“Karena ada beasiswa yang lagi diurus, makanya ke kampus, kalau tidak pun saya juga tak ke kampus,” ungkap Ari Handoko, Mahasiswa Geografi. Aktivitas kampus lain juga kaldera.id pantau, yakni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU).

Suasana kampus masih terlihat ramai karena pihak kampus sendiri menerapkan kuliah online mulai esok hari (Rabu, 18 Maret 2020), berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Rektor UINSU.

Hal ini dimanfaatkan oleh sejumlah mahasiswa UINSU untuk menyelesaikan berbagai urusan kampus. Saat kaldera.id mencoba mengulik salah satu mahasiswa, ia mengungkapkan jika hari ini ia manfaatkan untuk menemui dosen pembimbing yang akan sulit ditemui ketika sudah libur nanti.

“Karna kampus mulai besok liburnya, jadi hari ini dimanfaatkan buat ketemu dosen pembimbing, karna kalau libur nanti, takutnya payah karna harus bimbingan online, apalagi dengan judul yang belum rampung ini,” ungkap Bayu Prayoga, mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Selain 2 kampus tersebut, terpantau juga oleh kaldera.id Universitas Medan Area (UMA), yang juga walau sudah ditetapkan libur, namun masih terlihat juga beberapa mahasiswa masih hilir mudik di area kampus. (silvia marissa)