Apa itu Childfree? Beberapa Faktor Seseorang yang Memutuskan untuk Childfree

0
259
Beberapa Faktor Seseorang yang Memutuskan untuk Childfree (Ilustrasi)

Kata childfree kembali diperbincangkan di jagat maya. Hal ini terjadi setelah salah satu Selebgram Gitasav membalas komentar di instagram tentang pilihannya tidak memiliki anak atau childfree membuatnya awet muda. Sehingga komentarnya menjadi kontroversi bagi sebagian orang terutama orang-orang yang sangat ingin memiliki anak.

Selebgram Gitasav membalas komentar di instagram tentang pilihannya tidak memiliki anak atau childfree
Selebgram Gitasav membalas komentar di instagram tentang pilihannya tidak memiliki anak atau childfree. (IG Gitasav)

Landas, apa sih childfree itu? Berdasarkan Cambridge Dictionary, childfree berarti “digunakan untuk merujuk pada orang yang memilih untuk tidak memiliki anak, atau tempat atau situasi tanpa anak.”

Menurut Collins Dictionary, childfree berarti “tidak memiliki anak, khususnya karena pilihan.” Dikutip dari Fertility Smarts, Kamis (9/2/2023), childfree adalah istilah yang mengacu pada orang dewasa yang tidak memiliki anak, baik biologis, adopsi, atau lainnya. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan orang dewasa yang telah memilih untuk tidak memiliki anak.

Hal ini Merujuk Beberapa Faktor Seseorang Memutuskan untuk Childfree Yaitu :

Tren Childfree
Childfree jadi tren pasangan saat ini. (Foto: NOJ/LKo)

1. Sakit Turunan

Sakit turunan menjadi faktor seseorang memutuskan untuk childfree, misal pengangkatan rahim dikarenakan sakit, fisik diri sendiri atau fisik pasangan serta faktor latar belakang keluarga lainnya juga mempengaruhi.

2. Kondisi Psikologis

Kondisi Psikologis seseorang juga menjadi faktor, secara mental yang tidak kuat atau memiliki kelainan masalah mental. Seseorang takut menjadi toxic dan memilih childfree.

3. Ekonomi

Faktor ekonomi menjadi alasan seseorang memilih childfree, ia merasa selama hidup merasa kurang, takut tidak bisa memberikan asupan yang baik dengan kondisi ekonomi yang kurang.

4. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan menjadi alasan seseorang memilih childfree, ia merasa hidup di dunia ini sudah terlalu padat. Dengan menambah satu jiwa akan bertambah pula kerusakan.

5. Alasan personal

Terakhir adalah tentang keputusan sendiri. Sebelum memutuskan untuk menikah ada banyak hal yang harus diputuskan bersama dan harus keduanya setuju atas apa yang diinginkan. Banyak pasangan suami istri yang memilih untuk childfree karena mereka merasa lemah, baik dari fisik diri sendiri, fisik pasangan, dalam hal mengurus dan membesarkan anak. Permasalahan yang hadir dalam mengurus anak biasanya hadir karena masalah pola asuh dan pola didik.

Itulah beberapa hal seseorang memilih untuk childfree. Apakah kalian termasuk ? (riza r)