Manchester Milik City, Ole Runyam Lagi

Bernardo Silva merayakan golnya di Old Trafford. City menang 2-0 atas Manchester United. (getty image via sportrush/kaldera)
Bernardo Silva merayakan golnya di Old Trafford. City menang 2-0 atas Manchester United. (getty image via sportrush/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Ole Gunnar Solskjaer dan Manchester United (MU) dalam tekanan setelah kalah lagi di Old Trafford. Kali ini dalam laga derby Manchester, MU kalah 0-2 dari rival sekotanya Manchester City, Sabtu (6/11/2021) malam. Dua pekan lalu, MU diketahui warga dunia dibantai Liverpool 0-5.

City menjungkalkan United lewat bunuh diri Eric Bailly. Bernardo Silva kemudian menambah keunggulan City pada pengujung babak pertama.

Dalam siaran langsung Mola TV, di awal laga, tim tuan rumah mendapatkan peluang emas pertama pada menit keenam. Namun, bola hasil sundulan Harry Maguire memanfaatkan tendangan bebas Luke Shaw melambung di atas mistar gawang the Citizens.

City langsung merespons dengan mengancam gawang United via umpan lambung Kyle Walker yang diarahkan ke tiang jauh. Joao Cancelo mampu melepaskan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan United. Bola yang jatuh di tiang dekat coba disapu oleh bek tengah United, Eric Bailly. Alih-alih meninggalkan lapangan, bola malah meluncur masuk ke dalam gawang Setan Merah.

Bailly tercatat menjadi pemain United pertama yang mencetak gol bunuh diri pada derby Manchester di Liga Primer Inggris. Gol ini juga memperpanjang rekor buruk pertahanan United saban kali tampil di Old Trafford, yang selalu kebobolan dalam 14 partai kandang terakhir di semua ajang.

Unggul satu gol, membuat Cristiano Ronaldo dkk semakin kesulitan mendapatkan pasokan bola untuk menyerang City. Ronaldo baru mendapatkan peluang pada menit ke-26. Namun, sepakan kaki kiri Ronaldo usai memanfatkan umpan lambung Shaw masih bisa digagalkan oleh Ederson.

Di babak pertama ini, De Gea pontang-panting menghadapi gempuran City. Sejumlah penyelamatan apik dilakukan penjaga gawang asal Spanyol itu. Namun, De Gea tidak bisa berbuat banyak saat Bernardo Silva berhasil memaksimalkan umpan dari lambung dari Cancelo yang mengincar tiang jauh. Gol Bernardo Silva pada menit ke-45 itu sekaligus menutup babak pertama dalam laga di Stadion Old Trafford tersebut.

Sancho dan Rashford tak Berdaya

Memulai babak kedua, Ole Gunnar Solskjaer menarik Bailly dan memasukkan Jadon Sancho untuk menambah daya gedor. Pergerakan Sancho cukup menarik, meski tak mengubah skor. Pada menit 67, Solskjaer kembali merotasi penyerangnya. Kali ini giliran Marcus Rashford yang masuk menggantikan Greenwood yang mulai kelelahan. Tapi sama saja, Rashford pun tak berdaya.

Pertahanan MU semakin tertekan, setelah Luke Shaw mengalami cedera dan ditarik keluar. Alex Telles masuk menggantikannya di menit 73. Setelah ini, City terlihat lebih menguasai lapangan MU dengan sejumlah serangan. Phil Foden, Gabriel Jesus, De Bruyne dan Joao Cancelo kerap melepaskan tembakan ke gawang De Gea. Sementara Ronaldo dkk, tiada.

Hingga peluit akhir dibunyikan wasit, skor tidak berubah. Manchester City unggul 2-0 dari Manchester United. Kekalahan ini kembali membuat nasib Solskjaer sebagai pelatih MU runyam kembali. Sejumlah hasil minor, membuat banyak fans MU di media sosial meminta Solskjaer diganti. Siapa yang mau melatih MU?(ali/reza)