Sambut Deepavali, Walikota Buka Pasar Murah di Lapangan Baronet

Walikota Medan, Bobby Afif Nasution dan jajarannya membuka pasar murah menyambut Deepavali.
Walikota Medan, Bobby Afif Nasution dan jajarannya membuka pasar murah menyambut Deepavali.

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Afif Nasution dan jajarannya membuka pasar murah menyambut Deepavali. Kehadiran program ini diharapkan bisa membantu umat hindu Kota Medan memenuhi kebutuhan sehari hari dan merayakan hari raya tersebut dengan suka cita.

Pembukaan pasar murah dilakukan secara simbolis di Lapangan Baronet, Kelurahan Polonia, Kecamatan Medan Polonia, Senin (17/10/2022). Ada 9 jenis bahan pokok yang dijual yakni, minyak goreng, gula pasir, beras, telur, dan lainnya.

“Pasar murah ini kita buka selama sepekan, mulai 17-23 Oktober mendatang. Dengan kehadiran pasar murah ini, saya berharap umat hindu dapat memenuhi kebutuhannya guna merayakan Hari Raya Deepavali. Semoga pasar murah ini memberikan manfaat,” kata Bobby Nasution saat membuka pasar murah tersebut.

Dikatakan Bobby Nasution, Pemko Medan dalam setiap menyambut hari besar keagamaan selalu menggelar pasar murah. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah di hari besar keagamaan tersebut.

Selain itu, ungkap Bobby, pasar murah juga digelar sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas rezeki dan kedamaian hidup yang sampai saat ini masih diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu bentuk rasa syukur itu, jelasnya, dengan memberi dan membagikan makanan kepada keluarga terdekat yang datang bersilaturahmi untuk merayakan Deepavali.

Konjen India untuk Kota Medan, Mr Subham Sing menyampaikan apresiasinya kepada Pemko Medan yang telah menggelar pasar murah dengan mengumpulkan produsen 9 bahan kebutuhan pokok. Diharapkannya, pasar murah ini dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi masyarakat terutama umat Hindu, tapi juga bagi para produsen bahan kebutuhan pokok tersebut.

Adapun harga 9 bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah tersebut, yakni beras IR 64 dijual Rp.9.300/kg, di pasaran Rp.12.000/kg; gula pasir dijual Rp.10.800/kg (pasaran Rp.14.000/kg); tepung terigu dijual Rp.9.950/kg (pasaran Rp.12.000/kg) dan telur dijual 1.050/butir (pasaran Rp.1.500/butir).

Selanjutnya, kacang tanah kupas dijual Rp.28.700/kg (pasaran Rp.31.000); blue band dijual Rp.11.400/sachet (pasaran Rp.12.700); minyak goreng kemasan dengan brand Minyak Kita dijual Rp.11.500/pcs/liter (pasaran Rp. 15.000/pcs/liter); sirup Pohon Pinang Super dijual Rp. 22.417/botol (pasaran Rp.23.500/botol) dan sirup Pohon Pinang Fresh Juice dijual Rp. 17.333 (pasaran Rp.18.500).(reza)