DRUM BAND: Seorang pesepeda melintas di hadapan formasi tim Drum Band Sumut yang tengah menjalani latihan di kawasan Jalan Arteri Kualanamu, Sabtu (3/8/2024). Drum band Sumut semakin matang dalam taktik dan fisik untuk meraih 7 medali emas di PON 2024.(HO/kaldera)
DRUM BAND: Seorang pesepeda melintas di hadapan formasi tim Drum Band Sumut yang tengah menjalani latihan di kawasan Jalan Arteri Kualanamu, Sabtu (3/8/2024). Drum band Sumut semakin matang dalam taktik dan fisik untuk meraih 7 medali emas di PON 2024.(HO/kaldera)

DELISERDANG, kaldera.id – Sumatera Utara (Sumut) siap menorehkan prestasi gemilang di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, khususnya dalam cabang drum band. Persiapan pun sudah semakin matang untuk memenuhi target sedikitnya 7 medali emas.

Dengan pertandingan yang meliputi Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB), serta Lomba Baris Berbaris (LBB), sebanyak 17 medali emas diperebutkan oleh para atlet dari nomor lomba itu.

“Kami semakin intensif mempersiapkan kemampuan fisik dan teknik atlet. Analisis strategi dan taktik terus kami kembangkan,” ujar Ketua Umum PDBI Sumut, Baharuddin Siagian, Sabtu (3/8/2024).

“Dengan persiapan matang kita optimis 100%. Kemudian dukungan solid, dan strategi yang terukur, Sumut siap berjaya PON 2024 dan merebut medali emas di cabang drum band,” tambah Baharuddin.

Sementara, Novi Hardianto, tim pelatih drum band Sumut, menyebutkan, dengan kombinasi latihan fisik dan teknik yang matang, PDBI Sumut tidak hanya fokus pada kekuatan individu tetapi juga kekompakan tim. “Semua aspek harus rata, mulai dari fisik, penguasaan taktik, hingga keselarasan gerakan. Termasuk musik yang akan kami mainkan,” tambahnya.

Atlet Belia, Pelatih Mumpuni

Dia menambahkan, bahwa para atlet yang berasal dari 8 kabupaten/kota, seperti Madina, Tanjung Balai, Asahan, Serdang Bedagai, Deliserdang, Medan, Binjai, dan Karo, dipilih melalui seleksi ketat pada Proprov Sumut 2022. Dengan rentang usia 15-24 tahun, mereka telah menjalani pembinaan dan latihan intensif.

Drum band, yang berbeda dari cabang olahraga lain, menuntut kekuatan fisik dan mental yang seimbang serta strategi yang matang. “Olahraga ini menguji seluruh kemampuan, mulai dari fisik hingga taktik, agar tim bisa mencapai finis dengan poin terbanyak,” terang Novi.

Tim Drum Band Sumut mendapat dukungan penuh dari Pengprov PDBI Sumut, dengan jajaran pelatih yang mumpuni, termasuk M Syahrizal sebagai pelatih kepala, dan tim pelatih spesialis seperti Rahmat Syahputra (drill), Novi Hardianto (brass), Wahyu Ramadhan dan Irwansyah Ramadhan Prakasa (perkusi), Pradiva Setiawan (koreografi dan colour guard), serta Muhammad Chairat (fisik).

“Sampai saat ini persiapan sudah 100%, kami optimis mampu meraih target yang diberikan 7 medali emas. Dukungan yang optimal dari Pengprov PDBI Sumut, Pak Bahar (Baharuddin Siagian) dan Pak Apri, serta pengurus lainnya, membuat motivasi tinggi bagi tim Drum Band Sumut meraih medali,” tambah Novi Hardianto.(f rozi/red)