MEDAN, kaldera.id – Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Bupati Asahan Surya resmi mendaftar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024 ke Kantor KPU Sumut pada Rabu (28/8/2024). Bobby-Surya dikawal ribuan pendukung dan 9 ketua partai politik pengusung.

Dengan mengenakan pakaian kaos berwarna putih dengan corak warna warni bertuliskan Bobby – Surya datang ke KPU Sumut di dampingi para ketua partai pendukung seperti, Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu, Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah, Ketua DPW Partai Nasdem, Iskandar, Ketua DPW PKB Sumut, Jakfar Suhairi, Ketua DPW PKS Sumut, Usman Djakfar, Ketua DPW PSI, Nezar Djoeli.

Kemudian, Ketua DPW PPP Sumut, Jafaruddin Harahap, Ketua DPW Partai Demokrat Sumut, Muhammad Lokot Nasution, dan Ketua DPWPAN, Syah Afandin. Sementara, Partai Perindo Sumut diwakili oleh Sekretaris, Donna Y Siagian. Pasalnya, Ketua DPW Perindo Sumut JTP Hutabarat juga mendaftarkan diri di Pilkada Tapanuli Utara ke KPU Taput pada hari yang sama.

Bobby dan Surya tiba di Kantor KPU Sumut sekitar Pukul 14.30 WIb dan disambut dengan para pendukungnya yang telah menunggu satu jam lebih. Bobby dan Surya yang didampingi isteri masing-masing, menyambut dengan senyuman dan menyalami beberapa para pendukungnya.

Begitu tiba di Kantor KPU Sumut, pasangan yang diusung koalisi besar partai politik ini disambut jajaran KPU Sumut yang dipimpin Agus Arifin. Tampak hadir dalam proses penerimaan berkas itu, Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos dan Komisioner Bawaslu RI, Puadi.

Pasangan ini langsung naik ke lantai II untuk menyerahkan dokumen persyaratan untuk maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Setelah hampir satu jam di dalam dan berkas dinyatakan lengkap, Bobby – Surya kemudian beranjak meninggalkan gedung KPU Sumut.

Bobby: Sumut Lebih Baik Lagi

Bobby menjelaskan, kedatangan mereka untuk menyerahkan semua dokumen persyaratan yang diajukan KPU Sumut dan Bawaslu. Dirinya berharap semua persyaratan yang diberikan dinyatakan lengkap.

“Semoga apa yang kami sampaikan sebagai syarat pencalonan dinyatakan lengkap. Kami juga berharap pelaksanaan pemilihan ini berjalan damai dan lancar dan menjadikan Sumut yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Menurut Bobby, semua persyaratan dinyatakan lengkap. Hanya saja lamanya proses pendaftaran karena adanya konfirmasi dari KPU kepda pengurus partai politik karena ada beberapa pengurus partai politik yang tidak hadir.

“Kalau syaratnya mudah mudahan lengkap. Tadi lama karena adanya konfirmasi dengan para pengurus partai. Tanda tangannya ada, tapi orangnya tidak ada. Sebab, ada juga yang mendaftar juga sebagai kepala daerah di kabupaten. Formulir kesehatan juga sudah diberikan komisioner KPU. Tinggal menyesuaikan jadwal dengan Pak Surya untuk melakukan tes kesehatan,” pungkasnya.(reza sahab)