Capai 40%, Angka Vaksinasi di Medan Tertinggi Secara Nasional

Warga Medan yang telah melakukan vaksinasi mencapai 40% atau telah melampaui standar nasional, 35%. Angka tersebut tertinggi di Indonesia berdasarkan pernyataan Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto.
Warga Medan yang telah melakukan vaksinasi mencapai 40% atau telah melampaui standar nasional, 35%. Angka tersebut tertinggi di Indonesia berdasarkan pernyataan Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto.

MEDAN, kaldera.id – Warga Medan yang telah melakukan vaksinasi mencapai 40% atau telah melampaui standar nasional, 35%. Angka tersebut tertinggi di Indonesia berdasarkan pernyataan Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto.

Persentase tersebut dengan rincian sebanyak 400 ribu lebih masyarakat telah mendapatkan dosis pertama dan sebanyak 300 ribu lebih telah disuntik dosis kedua.

Hal tersebut terungkap saat Walikota Medan, Bobby Nasution mendampingi Kapoldasu Irjen Panca Putra mengecek vaksinasi terhadap mahasiswa di Aula UMN, Jalan Garu 1 Medan Amplas, Senin (6/9/2021).

“Medan vaksinasinya sudah diatas 35%. Nomor 1 secara nasional. Saya tahu itu dari Menko Perekonomian. Saya salut kinerja Walikota Medan,” kata Kapoldasu, Irjen Pol Panca Putra.

Sementara itu, Bobby Nasution mengatakan, pihaknya sampai saat ini berfokus pada penerapan empat intruksi presiden dalam memerangi Covid -19. Pertama, pembatasan mobilitas masyarakat. Kedua, gencar melakukan tracing dan testing. Ketiga, membangun tempat isolasi terpusat dan terakhir mensukseskan program vaksinasi.

Langkah itu telah berdampak pada terus turunnya angka positif Covid-19 di Kota Medan dalam dua pekan terakhir ini.

BACA JUGA :  Ditargetkan Sebelum 2024 Program UHC di Medan Terlaksana

“Untuk tracing dan testing Pemko Medan perharinya 3.000-an. Nah itu akan bertambah karena kita minta difasilitas kesehatan swasta agar melaporkan setiap warga yang testing,” kata Bobby.

Sementara itu, untuk vaksinasi di tingkat pelajar di Kota Medan saat ini sebanyak 1.000 siswa usia 12 tahun ke atas sudah divaksin. Sedangkan untuk guru dan tata usaha sekolah sudah sekitar 16 ribuan yang mendapatkan vaksin dari total 20 ribuan guru di Kota Medan.

“Untuk guru dan tata usaha sekolah sudah maksimal di angka 86 persen sudah kita vaksin. Sedangkan untuk siswa sudah 1.000 dan akan bertambah. Kami juga bekerjasama dengan TNI-Polri,” katanya.

Sementara itu, Rektor UMN Hardi Mulyono berterimakasih atas kehadiran Kapoldasu dan Walikota Medan. “Vaksinasi ini adalah upaya kita dalam membantu bangsa ini pulih kembali. Saya ucapkan terimakasih atas kolaborasi yang sangat baik dari TNI-Polri dan Walikota Medan,” ungkapnya.(reza)