Kesadaran Masyarakat Dalam Menggunakan Masker Masih Minim

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat melakukan pembagian masker bersama wartawan di seputaran Lapangan Merdeka, Jumat (17/4/2020).
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat melakukan pembagian masker bersama wartawan di seputaran Lapangan Merdeka, Jumat (17/4/2020).

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution bersama Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan membagikan 1.000 masker kepada pengendara di Jalan Balaikota, tepatnya sekitar Lapangan Merdeka, Jumat (17/4/2020).

Selain pemberian masker, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mengedukasi para pengendara pentingnya menggunakan masker. Sembari membagikan masker, Akhyar juga mengingatkan kepada pengendara yang tidak mengenakan masker untuk segera memakainya.

Selain kepada pengendara, masker tersebut juga diberikan kepada supir angkot, pejalan kaki maupun pedagang asongan.

Akhyar mengatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Kota Medan saat ini masih minim. Banyak masyarakat yang telah menginisiasi pemakaian masker di Kota Medan.

Maka dari itu, Akhyar berharap dengan adanya gerakan ini dapat menyadarkan masyarakat Kota Medan untuk menggunakan masker yang merupakan salah satu upaya menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan orang disekitarnya.

“Terima kasih kepada Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan yang telah berinisiatif menggerakkan kita semua agar penggunaan masker ini menjadi kebutuhan dan kewajiban kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain menggunakan masker, pentingnya menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan serta menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya juga harus dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19,” kata Akhyar.

Tidak Ada Meja dan Kursi Pada Usaha Tempat Makan

Akhyar juga menjelaskan, Pemko Medan telah mengeluarkan surat edaran mengenai ajakan kepada seluruh pelaku usaha untuk meniadakan meja dan kursi guna menghindari masyarakat untuk berkumpul.

Seluruh jajaran kecamatan dan klurahan bersama Satpol PP serta unsur terkait lainnya terus melakukan razia kepada masyarakat yang masih berkumpul di tempat makan.

“Kami tidak melarang para pelaku usaha berjualan asalkan mengikuti peraturan yang telah di tetapkan untuk kepentingan kita bersama,” tegas Akhyar.

Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan Muhammad Edison Ginting mengatakan, pembagian masker ini atas kerjasama antara Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan bersama Pemko Medan sebagai bentuk sosialisasi ataupun teguran kepada masyarakat yang masih bandel tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Diharapkan kepada masyarakat agar menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah untuk menghindari penularan ataupun ditularkan virus corona,” harap Ginting. (reza sahab)