Soal Tambang Liar di Tapsel, Gubsu: Daerah Tak Mau, Provinsi yang Tutup

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi

MEDAN, kaldera.id- Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengancam akan menutup tambang emas liar yang ada di Sumut termasuk di daerah Tapanuli Selatan (Tapsel). Meski Edy sendiri mengaku sudah sedari awal meminta agar tambang liar itu dihentikan, nyatanya hingga saat ini aktivitas tambang masih terus berjalan dan malah semakin luas.

“Dari awal saya sudah katakan itu, tambang-tambang liar itu harus dihentikan. Inilah ketegasan kita,” ujar Edy menanggapi pertanyaan awak media, Kamis (25/2/2021).

Edy menyebut pihaknya akan mengadakan rapat bersama unsur Forkompinda untuk menegaskan hal itu. Ia akan meminta, kab/kota untuk menutup tambang di daerahnya yang tidak mempunyai Izin Usaha Penambangan (IUP).

“Nanti kita akan rapat Forkopimda untuk menegaskan kembali ini. Itupun ada di kab/kota, kalau disitu di cek tidak ada izinnya, ya tutup,” tegas Edy.

Jika daerah tidak mau menutup, kata Edy penutupan tambang liar itu akan diambil alih oleh Provinsi. “Tidak ada alasan, kalau daerah tidak mau nutup ya dari Provinsi nanti yang nutup. Yang namanya liar pasti salah,” pungkasnya. (finta rahyuni)