Pemkab Langkat Anggarkan Rp200 Juta Untuk Satu Desa Wisata

Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin (pakai batik) berbincang dengan salah satu peserta rapat koordinasi yang diselenggarakan BPKP wilayah Sumut, Jumat(26/3/2021)
Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin (pakai batik) berbincang dengan salah satu peserta rapat koordinasi yang diselenggarakan BPKP wilayah Sumut, Jumat(26/3/2021)

MEDAN, kaldera.id – Bupati Langkat, Terbit Rencana PA diwakili Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin mengikuti rapat koordinasi pengawasan internal keuangan dan pembangunan yang diselenggarakan BPKP perwakilan Sumut, Jumat (26/3/2021)

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Utama BPKP Pusat, Ernadhi Sudarmanto. Selain itu, tampak hadir Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

Ernadhi menginstruksikan, agar pemerintah daerah menyusun rancangan perkembangan pariwisata. Ia juga meminta, kepala daerah mampu mengawasi kontribusi sektor pariwisata yang ada di wilayahnya.

Dalam rakor tersebut, Syah Afandin mengatakan, Pemkab Langkat telah menganggarkan Rp200 juta untuk satu desa wisata. Anggaran ini untuk pendampingan anggaran dari pemprovsu.

Dia berharap, pihak BPKP melakukan pengawasan dan memberi masukan dalam penggunaan anggaran tersebut agar tepat sasaran dalam penggunaanya.

“Saya harap BPKP lebih detail dalam melakukan pemeriksaan di daerah,” harapnya.

Dirinya juga menyatakan, pihaknya siap menggunakan anggaran tepat sasaran. Salah satunya, untuk kemajuan destinasi wisata Langkat.

“Kemajuan wisata adalah visi misi kami, insya Allah akan kami wujudkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Perwkilan BPKP Sumut, Yono Andi Atmoko menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran pengawasan internal dalam mengawal pencapaian tujuan pembangunan strategis pariwisata di Sumut.

Dirjen Kemendagri, Tumpak Haposan Simanjuntak berharap kepada kepala daerah dan wakilnya terus sejalan menyelesaikan visi dan misi demi pembangunan daerah. Tumpak juga menginstruksikan BPKP untuk lebih intens mengawasi pembangunan yang dilakukan kepala daerah.(efri Surbakti)