Dekranasda Medan Tampilkan Kain Tenun di Pameran Rumah Kriya Asri 2021

Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution
Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution

MEDAN, kaldera.id – Dekranasda Kota Medan bakal menampilkan lima produk hasil kerajinan industri kecil menengah dalam Pameran Rumah Kriya Asri 2021 mulai 1 sampai 20 November 2021 di Jakarta.

Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution mengatakan, kelima produk yang ditampilkan dalam pameran tersebut berupa kain tenun hasil kerajinan dari IKM binaan Dekranasda Kota Medan.

Kahiyang berharap melalui kegiatan ini kedepannya dapat lebih memperkenalkan kerajinan khas Kota Medan sehingga semakin dikenal.

“Selain itu, mendorong meningkatnya pemasaran dan penjualan agar mampu menjangkau dan menembus pasar yang lebih luas guna membantu pelaku IKM di Kota Medan agar naik kelas,” ungkapnya saat mengikuti rapat koordinasi persiapan Pameran Online Rumah Kriya Asri Destinasi Wisata Super Prioritas Danau Toba secara virtual dari Rumah Dinas Walikota Medan, Jalan Sudirman Medan, kemarin.

Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis menjelaskan, rakor ini membahas terkait keikutsertaan Dekranasda Sumut dalam kegiatan Pameran Rumah Kriya Asri 2021. Artinya hasil kerajinan dari binaan Dekranasda kabupaten/ kota yang ada di Sumut, khususnya yang ada di sekitar Danau Toba akan ditampilkan dalam kegiatan yang digagas Dekranasda Sumut.

“Dalam pameran tersebut nantinya akan ada dua stand yakni stand Danau Toba yang menampilkan hasil kerajinan dari 7 kabupaten sekitar dan stand Sumatera Utara berisikan kerajinan di luar dari 7 kabupaten sekitar Danau Toba, termasuk Kota Medan,” kata Ketua Dekranasda Sumut.

Selain kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, hasil kerajinan dari 4 daerah di kawasan lain yang masuk dalam destinasi pariwisata super prioritas yakni, Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Borobudur (Jawa Tengah), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dan Likupang (Sulawesi Utara) juga turut berpartisipasi dalam pameran tersebut.(reza)