Anak Mantan Bupati Langkat Resmi jadi Wakil Walikota Binjai

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Rizky Yunanda Sitepu menjadi Wakil Wali Kota Binjai. Rizky merupakan anak mantan Bupati Langkat dua periode Ngogesa Sitepu.
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Rizky Yunanda Sitepu menjadi Wakil Wali Kota Binjai. Rizky merupakan anak mantan Bupati Langkat dua periode Ngogesa Sitepu.

MEDAN, kaldera.id- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Rizky Yunanda Sitepu menjadi Wakil Wali Kota Binjai. Rizky merupakan anak mantan Bupati Langkat dua periode Ngogesa Sitepu.

Pelantikan berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin rumah dinas gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (6/10/2021).

Dalam sambutannya, Edy mengingatkan agar keduanya bisa tetap solid dalam menjalankan pemerintahan di Kota Binjai. Sebab, kata Edy banyak kekompakan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah yang hanya berlangsung sesaat, yang akhirnya mengganggu pembangunan di daerah.

“Setiap saya habis melantik, umur yang dilantik itu kurang lebih hanya tiga bulan. Harmonisnya hanya tiga bulan, ada yang gak nyampek tiga bulan, minggu depan udah nyampek tempat saya. Ini saya sangat tidak menghendaki,” sebut Edy.

Mantan Pangkostrad itu juga meminta agar antara wali kota dan wakil wali kota dapat mengetahui tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Sehingga, tidak saling melampaui wewenang.

“Wakil ini harus tahu diri sebagai wakil, kalau dia pintar tapi jangan merasa sok pintar. Wakil kalau saya ibaratkan dia itu leher, sedangkan kepala adalah miliknya orang nomor 1. Tapi kalau nomor satu ini juga begitu, kalau tanpa anda di kawal nomor dua ini nanti anda ditusuk oleh orang dari belakang,” sebutnya.

Wali Kota Binjai Amir Hamzah berharap pelantikan Rezky Sitepu dapat membantunya menjalankan pemerintahan di Kota Binjai. Ia mengaku selama kekosongan posisi wakil wali kota, ia hanya berkoordinasi dengan Forkompinda di Kota Binjai.

“Saya sudah 8 bulan menjabat wali kota, hari ini wakil sudah di lantik, ini menambah semangat saya bekerja membantu saya membangun kota yang kita cintai. Selama ini saya hanya bekerja dengan Forkompinda untuk menangani masalah Covid-19, Alhamdulillah dengan hari ini, wakil wali kota makin kompak,” jelasnya.

Sementara itu, Rizky Yunanda Sitepu usai dilantik mengaku akan berusaha melakukan percepatan pemerintahan di Binjai. Terlebih menurutnya, posisi wakil wali Kota Binjai sudah lama kosong.

“Saya harus imbangi karena pak wali sudah lama dilantik, tancap gas supaya paham dan bisa membantu pak wali untuk pembangunan Binjai,” ujarnya.

Rizky Yunanda Sitepu terpilih menjadi Wakil Wali Kota Binjai dalam proses di DPRD Binjai. Ia yang merupakan anak mantan Bupati Langkat dua periode itu, unggul mengalahkan kompetitornya, Hamdani Syahputra dalam proses pemilihan tersebut.

Rizky meraih 26 suara anggota legislatif Binjai, sedangkan Hamdani meraih dua suara, dan satu suara dinyatakan tidak sah. Pemilihan tersebut dilakukan karena Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Posisi Juliadi lantas diambilalih oleh wakilnya, Amir Hamzah yang sudah terlebih dahulu dilantik menjadi Wali Kota Binjai defenitif. (finta rahyuni)