Penyebab Kecelakaan Maut Kereta Api Di India Yang Tewas Ratusan Penumpang

Sudah empat hari berlalu, sebanyak 83 mayat korban kecelakaan kereta di India belum juga teridentifikas. Otoritas India pada Selasa (6/6/2023)
Sudah empat hari berlalu, sebanyak 83 mayat korban kecelakaan kereta di India belum juga teridentifikas. Otoritas India pada Selasa (6/6/2023)

 

MEDAN, kaldera.id – Pemerintah India telah mengidentifikasi penyebab kecelakaan maut kereta api yang menewaskan ratusan penumpang. Orang yang bertanggung jawab atas kecelakaan itu juga telah terungkap.

Hal itu dikatakan Menteri Perkeretaapian India, Ashwini Vaishnaw. Ia mengatakan kecelakaan 2 kereta penumpang dan 1 kereta barang di Odisha Timur, Jumat (2/6/2023) itu diduga karena perubahan sistem interlocking elektronik yang merujuk pada sistem persinyalan yang digunakan kereta api. Penyelidikan yang dilakukan otoritas India juga mengungkap siapa yang bertanggung jawab atas insiden mengerikan tersebut.

“Biarkan laporan penyelidikan keluar. Tapi penyebabnya telah teridentifikasi dan orang yang bertanggung jawab telah teridentifikasi,” kata Vaishnaw Dilansir detikNews dari CNN, Minggu (4/6/2023).

Meski begitu Vaishnaw tak mau menjelaskan secara rinci penyebab dan siapa orang penanggung jawab insiden itu.

“Tidak pantas untuk mengatakan apapun saat ini. Biarkan semuanya diselidiki oleh otoritas investigasi yang tepat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Narendra Modi mengunjungi lokasi kecelakaan dan korban kecelakaan di rumah sakit. Ia pun menegaskan penanggung jawab insiden itu bakal dikejar.

“Tidak ada pihak bertanggung jawab yang akan selamat,” katanya.

Saat ini, setidaknya 288 orang tewas dalam kecelakaan tersebut, lebih dari 850 penumpang lainnya luka-luka. Kemungkinan korban tewas dapat bertambah. kecelakaan kereta di Odinsha itu menjadi kecelakaan paling mematikan di India dalam 20 tahun terakhir. (det)