Biliar Sumut Optimis Patahkan Dominasi Jakarta dan Jabar di PON 2024

Cabor Biliar Sumatera Utara optimis menghadapi PON 2024. Terutama untuk bersaing dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk meraup medali emas sebanyak-banyaknya.
Cabor Biliar Sumatera Utara optimis menghadapi PON 2024. Terutama untuk bersaing dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk meraup medali emas sebanyak-banyaknya.

 

MEDAN, kaldera.id – Cabor Biliar Sumatera Utara optimis menghadapi PON 2024. Terutama untuk bersaing dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk meraup medali emas sebanyak-banyaknya.

Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumut saat ini fokus pada 16 atlet biliar Sumatera Utara yang digembleng secara intensif di Pusat Latihan POBSI untuk mematangkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Kabid Binpres POBSI Sumatera Utara Resa Mahmudsyah Rangkuti dalam keterangannya di Posko Publikasi PON XXI/2024 Kantor Dispora Sumut, Jalan Pancing Medan, Selasa (6/6/2023) mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan mental bertanding, kemampuan, dan stamina para atlet yang tergabung dalam pelatda jangka panjang persiapan menuju PON XXI/2024.

Kompetitor cabor biliar diakuinya semua daerah adalah saingan berat, karena juga sama-sama bertekad menjadi yang terbaik dengan bisa membawa pulang medali ke daerah asalnya masing-masing.

“DKI Jakarta dan Jawa Barat perlu kita waspadai karena mereka sampai sekarang masih yang terbaik.Namun atlet kita siap mematahkan dominasi mereka.Semua sama beratnya, tinggal lagi siapa yang paling siap,” katanya.

Di bawah bimbingan empat pelatih yakni Resa Mahmudsyah Rangkuti, M.Kiki, M.Fadly, dan Jan Hendra Depari, para atlet terus menjalani pelatihan setiap hari, pagi dan sore. Latih tanding sesama atlet juga dilakukan untuk evaluasi agar kemampuan atlet terus meningkat.

Salah satu atlet, yaitu Johnny Chandra merupakan atlet yang baru-baru ini turut berlaga SEA Games XXXII/2023 di Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

“Juni mendatang setelah evaluasi, kami akan mengajukan penambahan empat atlet lagi, sehingga total 20 atlet yang akan masuk Pelatda,” katanya.

Komposisi atlet biliar Sumatera Utara yang dipersiapkan menghadapi PON 2024 merupakan campuran antara atlet senior dan junior yang diharapkan mampu mempersembahkan hasil terbaik yaitu memenuhi target empat medali emas.

“Persiapan dilakukan secara maksimal. Sebagai tuan rumah PON mendatang, kami ingin mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat Sumatera Utara. Saat ini atlet binaan terus berlatih maksimal baik peningkatan fisik maupun kemampuan demi hasil terbaik,” katanya.

Sementara terkait target di PON mendatang, ia mengaku pihaknya sudah memasang target sedikitnya bisa meraih lima medali emas. Target tersebut diambil setelah melakukan berbagai analisis dan peta kekuatan atlet biliar dari berbagai daerah di Indonesia.

“Pada PON lalu di Papua, kita meraih lima perak dan tujuh perunggu.Jadi yang lima perak itu pada PON mendatang ditarget jadi emas.Kemajuan atlet selama pelatda terus meningkat. Medali emas diharapkan bisa disumbangkan dari nomor caroom, snooker, dan divisi pool, serta english billard. Atlet kita sudah siap mempersembahkan yang terbaik untuk Sumut,” katanya.

Sementara tim pengawas dan pendamping (wasping) cabor biliar, Pujianto mengatakan, pihaknya mengapresiasi program yang dijalankan POBSI untuk peningkatan kemampuan para atlet, baik skill maupun stamina.

“Kami apresiasi POBSI, khusunya Ketua POBSI Salomo Pardede yang hampir tiap hari hadir dan memantau atlet dalam berlatih. Dia tak segan segan marahi atlet yang tidak disiplin,” katanya.(f rozi/red)