Jelang PON 2024, Siwo PWI Gelar Pelatihan Liputan Jurnalistik

Ketua SIWO PWI Sumut, Jhony R bersama Pengurus KONI Sumut, Agung
Ketua SIWO PWI Sumut, Jhony R bersama Pengurus KONI Sumut, Agung

 

MEDAN, kaldera.id – Pelatihan liputan menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang digelar SIWO bersama KONI Sumut di Aula Kantor KONI Sumut, berakhir Selasa (25/7/2023). Pelatihan yang diikuti 60 wartawan dari berbagai media tersebut berakhir dengan sukses.

Ketua SIWO PWI Sumut, Jonny Ramadhan Silalahi mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah mengikuti pelatihan ini. Dia berharap pelatihan ini memberikan pengetahuan bagi wartawan di Sumut.

“Terima kasih kepada semua peserta. Mari bersama-sama mensukseskan dan menjadi saksi pelaksanaan PON 2024 di Sumatera Utara,” pesannya.

Sedangkan Wakil Pimpinan Redaksi Harian Analisa, SR Hamonangan Panggabean yang menjadi narasumber menjelaskan, pengalaman saat meliput even olahraga tingkat nasional maupun internasional memberikan dampak positif. Dimana, posisi wartawan sangat terhormat dan mendapatkan pelayanan terbaik. “Wartawan merupakan profesi yang membanggakan. Saya bisa mendatangi berbagai negara karena profesi sebagai wartawan,” ujar Monang.

Pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Umum PWI Sumut ini mengakui, wartawan selalu mendapatkan fasilitas bagus saat meliput pertandingan multievent olahraga. “Panitia multievent selalu membuat media center yang memiliki fasilitas luar biasa,” ungkapnya.

Namun Monang menegaskan, setiap wartawan harus paham regulasi dan aturan di setiap pelaksanaan multievent olahraga. Selain itu, wartawan juga harus bisa mengumpulkan data dan fakta yang akurat.

“Upayakan perbanyak data. Dari datalah yang dibuat jadi berita. Selain itu, wartawan bukan hanya membuat berita, tapi juga bisa menjadi bagian dari kontingen. Kita harus bisa memberi semangat atau spirit bagi atlet,” paparnya.

Kabid Humas KONI Sumut ini mengingatkan agar wartawan yang meliput pertandingan multievent harus mendapatkan ID Card resmi. “Mudah-mudahan wartawan mendapatkan fasilitas terbaik pada PON 2024,” pesannya. (red)