Tekan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Durasi Pasar Murah Keliling Ditambah

Ilustrasi
Ilustrasi

 

MEDAN, kaldera.id – Dirut PUD Pasar Kota Medan, Suwarno menegaskan, pihaknya meningkatkan durasi operasional pasar murah keliling guna mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok yang terjadi saat ini, khususnya jelang Ramadan.

Pasar murah keliling yang merupakan program PUD Pasar KoTa Medan selama ini hanya Jumat, Sabtu dan Minggu tidak digelar. Sedangkan untuk Senin sampai Kamis pihaknya terus beroperasi ke setiap kecamatan.

“Kita menggelar pasar murah Keliling dua hari sekali per kecamatan. Karena antusias dari masyarakat untuk memenuhi bahan pokok yang ada di pasar murah keliling. Untuk jenis kebutuhan pokok yang kita jua saat ini hanya beras, minyak goreng, dan gula. Namun, kami menambah durasi operasionalnya,” ungkap Suwarno.

Diungkapkan Suwarno dari 15 Januari 2024 sampai dengan tanggal 13 Februari 2024, dan sampai saat ini pasar murah keliling masih berlanjut. “Pasar murah keliling sudah beroperasi di 8 kecamatan di Medan. Kecamatan-kecamatan itu adalah Johor, Tuntungan, Barat, Helvetia, Baru, Sunggal, Tembung, Petisah,” jelasnya.

Dari rentang waktu tersebut, total penjualan yakni, 4.095 goni beras kategori medium, 3.979 liter minyak goreng dan 2.012 kg gula pasir.

“Kami di PUD Pasar Medan terus berupaya menjaga agar distribusi kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng dan gula terjaga,” tambahnya.

Untuk saat ini diketahui harga sembako, daging ayam Rp.34 ribu – Rp.37 ribu/kilogram, Beras Rp.14 ribu – Rp.17 ribu/kilogram, Tomat Rp.12 ribu – Rp.17 ribu per kilogram, Kentang Rp.17 ribu per kilogram, Bawang Putih Rp.35 ribu perkilogram, Bawang Merah harga variatif dari Rp.25 ribu – Rp.35 ribu perkilogram, Cabai Merah Rp.65 ribu perkilogram – Rp.75 ribu perkilogram, Cabai Rawit saat ini Rp.50 ribu – Rp.55 ribu perkilogram, Telur Ayam, kecil Rp.1000 rupiah per butir dan telur besar Rp.1800 per butir. Sementara daging sapi masih stabil diharga Rp.130 ribu per kilogram

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra, Dame Duma Sari Hutagalung meminta Pemko Medan semakin memperbanyak kegiatan pasar murah mulai dari kecamatan hingga ke kelurahan.

Menurutnya, kebutuhan pokok seperti beras, cabai, daging ayam dan daging sapi, bawang, hingga telur terus mengalami peningkatan.

“Memasuki bulan suci Ramadan yang semakin dekat, kami sangat mengharapkan peran serta pemko Medan mampu mengantisipasi kenaikan harga harga sembilan bahan pokok (sembako) tersebut,” tegasnya. (reza)