Taufiq Ririansyah
Taufiq Ririansyah

 

MEDAN, kaldera.id – Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Taufiq Ririansyah sah dicopot dari jabatannya. Sebelumnya Taufiq dinonaktifkan dari jabatan tersebut karena menjalani proses pemeriksaan oleh Inspektorat Kota Medan.

Inspektorat pun merekomendasikan kepada Walikota Medan, Bobby Nasution untuk membebaskan tugaskan Taufiq dari jabatannya secara definitif (dicopot). Permintaan itupun mendapat respon dari walikota.

“Per tanggal 30 Juni lalu sudah dibebaskan dari jabatannya secara definitif. Untuk mengisi kekosongan jabatan Kadis Kesehatan Kota Medan ditunjuk Sekretaris Dinas, Edi Subroto sebagai pelaksana harian kadis,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD & PSDM) Kota Medan, Sutan Tolang Lubis kepada wartawan di Balai Kota Medan, Kamis (1/8/2024).

Sutan menjelaskan, sejauh ini masih ditunjuk pelaksana harian. Belum ada penunjukkan pelaksana tugas ataupun kepala dinas definitif. Hal ini dikarenakan belum ada arahan dari Walikota Medan.

“Itu tergantung Pak Wali. Sampai saat ini belum ada arahan dari Pak Wali. Kami hanya melaksanakan saja,” ungkapnya.

Saat disinggung apakah pelantikan pejabat definitif saat ini masih bila dilakukan. Mengingat, jabatan walikota tinggal beberapa bulan lagi berakhir, Sutan menuturkan hal itu bisa saja dilakukan dengan catatan ada persetujuan dari Mendagri.

Hanya saja sampai saat ini belum ada arahan dari Walikota Medan untuk melakukan pelantikan jabatan definitif, terutama pejabat eselon II yang kosong.

“Bisa saja. Tapi, itu tergantung Pak Wali. Secara aturan boleh. Dengan catatan ada persetujuan dari Mendagri. Sampai saat ini belum ada arahan dari Pak Wali terkait pelantikan,” tambahnya. (reza)