Peserta Musda MABMI Medan berfoto bersama.(ist)
Peserta Musda MABMI Medan berfoto bersama.(ist)

MEDAN, kaldera.id – Drs Abdul Gafur terpilih secara aklamasi pimpin MABMI Kota Medan, periode 2024 – 2028 pada Musyawarah Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) ke-XII yang berlangsung di Amaliun Food Court Jalan Amaliun Medan, Minggu (8/9/2024).

Dalam musyawarah tersebut hadir empat belas PC MABMI se Kota Medan, Musda tersebut pun sah karena lebih dari separuh PC yang hadir, hal itu sesuai AD/ART, tegas salah seorang peserta Musda, Sabaruddin Ahmad dari PC Medan Johor.

Senada dengan Sabar, PC MABMI Medan Labuhan yang diketuai OK Hafifuddin S,Sos mengatakan, dengan ditetapkannya Abdul Gafur sebagai Ketua PD MABMI Kota Medan, maka riak – riak ditubuh MABMI selama ini selesai, kita tinggal menunggu arahan ketua terpilih untuk memajukan MABMI lebih baik kedepan.

Sementara itu Sekretaris I PW. MABMI Sumatera Utara Badlun Alkholidhi menyampaikan pada Penutupan Musda Mabmi ke XII, “ini sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Mabmi, ini merupakan konsitusi organisasi yang benar karena di hadiri oleh peserta Musyawarah dari Pimpinan Cabang kemudian Ada Pengurus Wilanyah dan Pengurus Besar juga Hadir dalam Musyawarah Daerah Mabmi Kota Medan yang ke XII”.

Musda Sah

Badlun juga menambahkan bila ada Pengurus daerah yg lain yang tidak bermusyawarah hanya main tunjuk- tunjuk dan membuat pernyataan dukungan saja itulah yang tidak Konsitusi. Katanya lagi Carateker yang di tunjuk oleh PW MABMI tidak konsitutif, karena melanggar keputusan Rapat Kerja Wilayah Tentang Penetapan Korwil-korwil untuk konsolidasi pengurus daerah se-sumatera utara, penunjukan carateker itu hanya di tunjuk oleh orang tertentu saja tanpa ada rapat pengurus Harian.

“Hasil Musda ke XII MABMI Kota Medan hari ini sah, karena dihadiri PC dan perwakilan PW MABMI Sumut dan sejumlah tokoh MABMI baik dari PB dan PW”, tandasnya.

Ketua PD MABMI Kota Medan Drs Abdul Gafur yang terpilih secara aklamasi, kepada awak media, disela acara mengatakan, ini merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik.

“MABMI harus kita besarkan di Kota Medan, sebab, Medan merupakan Ibukota Provinsi Sumut tersebar ke tiga di Indonesia, jadi harus kita tunjukkan bahwa MABMI tetap eksis berkibar”, tegasnya.

Kepada panitia lanjut Gafur, dirinya mengucapkan banyak terimakasih, terutama kepada seluruh PC MABMI se Kota Medan yang hadir dalam Musda ke XII ini. Gafur juga menyebut bahwa MABMI ini merupakan rumah besar suku Melayu yang harus kita jaga dan rawat dengan baik, pungkasnya.(reza/red)