Plt Bupati Langkat Himbau Nelayan Pahami Batas Perairan Antar Negara

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menghadiri acara Kenduri Laut, di Kantor Satpol Airud, Jalan Babalan Pajak Ikan Lama, Kelurahan Brandan Timur, Babalan, Rabu (26/1/2022).
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menghadiri acara Kenduri Laut, di Kantor Satpol Airud, Jalan Babalan Pajak Ikan Lama, Kelurahan Brandan Timur, Babalan, Rabu (26/1/2022).

LANGKAT, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menghadiri acara Kenduri Laut, di Kantor Satpol Airud, Jalan Babalan Pajak Ikan Lama, Kelurahan Brandan Timur, Babalan, Rabu (26/1/2022).

Kegiatan tradisi kenduri laut merupakan bentuk rasa syukur atas rejeki hasil melaut. Sebagai sebuah budaya yang melekat bagi masyarakat di daerah pesisir, tradisi ini diharapkan menambah keimanan. Tertuju kepada pemilik alam semesta sebagai upaya mengharap ridho, rahmat dan kasih sayangnya.

Dalam sambutannya, Syah Affandin mengajak masyarakat pesisir senantiasa bersama menjaga kelestarian alam bawah laut dan sekitarnya agar habitat ikan semakin banyak dan mudah didapat. Sebab, profesi nelayan menjadi tumpuan harapan sebagian masyarakat untuk menghidupi dan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Di kawasan pesisir Kecamatan Babalan dan Berandan Barat merupakan salah satu urat nadi perekonomian, khususnya bidang perikanan,” katanya.

Untuk itu dirinya menegaskan, perhatian dan pemberdayaan kepada masyarakat nelayan akan terus menjadi konsentrasi pemerintah.

Perhatian diberikan melalui regulasi (aturan) maupun berbagai bantuan kepada kelompok nelayan. Ini diikuti dengan kesungguhan upaya dan tanggung jawab dan terpeliharanya nilai- nilai kebersamaan.

“Para nelayan harus memahami ketentuan dan peraturan tentang batas- batas perairan antar negara. Ini penting guna menghindari permasalahan hukum yang dapat merugikan diri dan keluarga, bahkan harga diri bangsa,” tegasnya.(ali)