Bertemu Bobby, Ketua STM Keluhkan Sulitnya Menguburkan Orang Mati Akibat Keterbatasan Lahan

Walikota Medan, Bobby Nasution saat bertemu warga Kecamatan Medan Amplas, Kamis (24/2/2022)
Walikota Medan, Bobby Nasution saat bertemu warga Kecamatan Medan Amplas, Kamis (24/2/2022)

MEDAN, kaldera.id – Ketua STM Lingkungan VII, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Rahmat menyampaikan keluhan warga sekitar terkait tidak adanya lahan perkuburan di kawasan tersebut. Hal ini sudah lama dikeluhkan waega.

“Di sini Pak, orang yang menghembuskan nafas terakhirnya susah menguburkannya. Saking minimnya, satu kuburan ditimpa sampai lima kali,” ungkap Rahmat saat bertemu denga Walikota Medan, Bobby Nasution melalui program sapa lingkungan, Kamis (24/2/2022).

Dia menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepling VII dua bulan lalu untuk membuat program pemmbelian tanah garapan di luar Kota Medan, yakni Jalan Pasar 1 Marendal seluas 1.200 meter.

Diungkapkannya, lahan itu bisa menampung 600 lubang kuburan. Harga lahan itu Rp150 juta, tapi baru terkumpul dari masyarakat Rp90 juta. “Hanya kami merasa ketakutan. Sebab, yang dibeli lahan garapan. Untuk itu kami berharap lahan itu bisa diajukan untuk dijadikan sertifikat wakaf. Mohon Pak Wali, kami dibantu dalam proses pengajuan hingga menjadi sertifikat wakaf,” harapnya.

Selain tidak adanya lahan perkuburan, warga juga berharap agar Halaman Masjid Raudhatul Hasanah dipaving block. Sehingga jamaah nyaman melaksanakan ibadah, terutama saat hujan.

Bobby Nasution mengungkapkan, terkait lahan perkuburan yang dibeli dari lahan garapan, Pemko Medan tidak bisa intervensi karena masuk wilayah Deliserdang. Untuk mengatasinya, dia meminta kepada camat untuk mencari lahan milik warga yang mau dijual untuk dijadikan lokasi perkuburan.

“Untuk masalah tanah itu di Dinas PKPPR. Kalau ada warga yang mau menjual lahan disini untuk lokasi perkuburan, camat bisa mengajukan ke Dinas PKPPR. Untuk itu saya minta camat mengecek dan mencari lahan untuk perkuburan,” jelas Bobby Nasution.

Selanjutnya terkait masalah paving block, banjir, jalan rusak, peralatan olahraga, Bobby Nasution minta kepada OPD terkait untuk segera menindaklanjutinya. “Saya minta apa yang menjadi keluhan warga malam ini secepatnya ditindaklanjuti,” tegasnya.(yogo)