Juli Mulai Dikerjakan, Pembangunan Tanggul Rob Dibagi 5 Zona

Walikota Medan, Bobby Nasution bersama Gubsu, Edy Rahmayadi
Walikota Medan, Bobby Nasution bersama Gubsu, Edy Rahmayadi

 

MEDAN, kaldera.id – Pembangunan tanggul rob di Kecamatan Medan Belawan akan dibagi dalam lima zona, A, B, C, D, dan E. Hal ini ditegaskan Walikota Medan, Bobby Nasution saat rapat dengan Gubsu, Edy Rahmayadi di Aula T Rizal Nurdin, Senin (4/7/2022).

Bobby menjelaskan, untuk tahap awal pembangunan dilakukan di zona A dan C. Untuk zona A, pengerjaan dilakukan Kementrian PUPR. Sedangkan zona C dibangun Pemko Medan. “Zona C akan dibangun lebih kurang 1 kilometer dan dimulai Juli ini. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur dan Menteri PUPR atas dukungannya,” ungkap Bobby.

Dia memaparkan, perencanaan pembangunan tanggul ini sepenuh digunakan berdasarkan usulan dari Kementerian PUPR. Hanya desainnya saja yang sedikit diubah dengan melihat kondisi lapangan yang ada. Disamping itu, Pemko Medan setiap tahunnya akan menganggarkan dana untuk pembangunan tanggul ini. Sebab, pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Dari hasil sosialisasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, jelas Bobby, ada beberapa warga yang menolak pembangunan tanggul tersebut. Sebab, pembangunan tanggul dilakukan di depan rumah warga dan menggunakan badan jalan. Hal ini dilakukan karena ada beberapa rumah warga yang berada di lahan milik PT Pelindo, sehingga Pemko Medan tidak bisa membangun di atas lahan milik PT Pelindo tersebut.

“Jika PT Pelindo ingin memberikan tanahnya kepada masyarakat atau Pemko Medan, kami akan membantu mengatasi permasalahan banjir rob ini misalnya dengan membangun rumah panggung untuk dapat dipergunakan masyarakat melalui program bedah yang dimiliki Pemko Medan, Provinsi Sumut atau Kementerian PUPR,” ungkapnya seraya berharap setelah pembangunan tanggul dilakukan, masyarakat yang ada di Belawan tidak lagi merasakan lagi banjir rob yang bisa terjadi hingga empat kali dalam sebulan.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sumut mendukung langkah walikota dalam pembangunan tanggul guna mengatasi permasalahan banjir rob di Medan Belawan. Edy menginginkan agar permasalahan banjir rob dapat segera diselesaikan.

“Saya ingin permasalahan banjir rob ini dapat segera dituntaskan. Oleh karenanya saya berharap agar pembangunan tanggul ini segera terwujud. Untuk itu mari kita sosialisasikan kepada masyarakat, pembangunan tanggul dilakukan agar masyarakat tidak kebanjiran lagi kedepannya,” ungkapnya.(reza)