SAMBO, Olahraga Khabib Nurmagedov Yang Bakal Populer di Indonesia

Dua atlet Sambo sedang bertarung di arena Sambo
Dua atlet Sambo sedang bertarung di arena Sambo

 

MEDAN, kaldera.id – Sebagian masyarakat Indonesia mungkin masih tidak terlalu akrab dengan olahraga SAMBO. Sebab, olahraga beladiri ini belum terlalu populer di seperti cabang olahraga lainnya.

Padahal Sambo sendiri sudah dipertandingkan secara resmi di tingkat nasional untuk prtama kali di PON Papua lalu. Sedangkan di tingkat Asia, di Sea Games Filipina 2019 dan Asian Games Jakarta 2018 lalu. Hanya saja olahraga ini belum dioertandingkan di tingkat olimpiade.

Sambo sendiri merupakan singkatan dari SAMooborona Bez Oruzhiya yang artinya seni bela diri tanpa senjata. Olahraga beladiri ini diperkenalkan pertama kali di Uni Soviet dan mulai populer di tahun 1940.yang menggabungkan lima cabang Olahraga beladiri seperti, gulat, jiujitsu, savante, tinju dan judo. Salah satu atlet dunia yang menggeluti olahraga ini adalah Khabib Nurmagedov.Keunggulan olahraga ini adalah lewat kuncian kaki dan serangan cepat.

Olahraga ini memiliki beberapa cabang atau nomor seperti combat, sport, freestyle dan lainnya. Di Indonesia sendiri olahraga ini mulai dikenal sekitar tahun 2007 lewat salah satu sosok Aji Kusmantri dari PB PJSI (Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia) dan Subhan Prasandra dari Sandro Academy Indonesia. Meskipun belum terlalu dikenal, pengurus olahraga ini sudah terbentuk yakni, PB Persambi.(efri/dari berbagai info)